Foto ilustrasi. (Foto: net)
Foto ilustrasi. (Foto: net)

Ingin Menuju Surga? Cari Pasangan Hidup dengan Kriteria Ini

TOPmedia - Menikah bukan perkara mudah. Selain harus siap mental dan materi untuk masa depan, pasangan yang akan menemani sepanjang hidup juga harus memiliki kesiapan. Bukan menganjurkan untuk menjadi pribadi yang selektif, akan tetapi surga akan dijanjikan bagi pasangan yang benar-benar menikah karena Allah SWT.

Biasanya, kriteria untuk memilih pasangan adalah si pasangan kaya, cantik atau tampan, mempunyai tingkat sosial yang tinggi, berkarakter, pengertian, beragama dan lain sebagainya. Namun, dalam Islam, Alquran memerintahkan umat Islam untuk memilih mitra hidup saleh atau salehah, baik dan murni hatinya.

Lantas, bagaimana krirteria mencari pasangan hidup menurut Islam? Berikut ulasan singkatnya, seperti dikutip dari Okezone.com.

Rasulullah menganjurkan agar umat Islam untuk memilih pasangan yang baik dalam agama serta dan berkarakter. Dikatakan dalam surat An-Nur ayat 26 bahwa, “Wanita yang baik hanya untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik hanya untuk wanita yang baik".

Selain itu, dalam hadits Bukhari dan Muslim, Rasulullah telah bersabda, ”Wanita itu dinikahi karena empat hal, karena hartanya, karena kecantikannya, karena nasabnya, karena agamanya. Maka pilihlah alasan menikahinya karena agamanya. Kalau tidak maka rugilah engkau”

Nabi Muhammad SAW juga meyakinkan karunia Allah untuk mereka yang ingin menikah dan menjalani kehidupan yang suci dan bersih. Dalam hadits yang dikeluarkan At-Tirmidzi Rasulullah pernah berkata, "Tiga kelompok orang yang Allah wajibkan untuk segera membantu mereka (dengan menikahinya): Mujahid di jalan Allah, seorang budak untuk membayar utangnya, dan orang yang ingin menikah untuk hidup suci"

berita terkait

Komentar