Balai Besar Pendidikan dan Latihan Kerja (BBPLKI) Serang memfasilitasi pelatihan kepada para buruh
Balai Besar Pendidikan dan Latihan Kerja (BBPLKI) Serang memfasilitasi pelatihan kepada para buruh

Ingin Meningkatkan Skill Kerja di BBPLKI Serang, Usia Berapapun Ternyata Bisa

SERANG, TOPmedia – Balai Besar Pendidikan dan Latihan Kerja (BBPLKI) Serang memfasilitasi pelatihan kepada para buruh, termasuk yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

Fasilitas yang diberikan berupa peningkatan skill kepada setiap individu yang ingin menempa pembelajaran.

Koordinator Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan BBPLKI Serang, C. Dhewi mengatakan, tidak hanya untuk meningkatkan skill yang sebelumnya dimiliki, peserta pelatihan di BBPLKI Serang juga bisa mendapat pelatihan kerja berbeda dari yang sebelumnya dimiliki.

"Dan tidak ada batasan usia untuk ikut latihan di BBLKI," katanya.

Lebih jauh Dhewi mengatakan, selama  pandemi Covid-19 ini, pihaknya juga telah banyak menerima siswa yang merupakan korban PHK, mencapai 10 persen dari total siswa yang ingin dilatih.

"Secara umum perlakuan kami sama (dengan siswa lulusan SMK). Kami terbuka. Yang jelas statusnya pencari kerja boleh-boleh saja. Karena setiap tahun ada gelombang pelatihan. Dan karean ini masa pandemi kita (juga) fasilitasi pencari kerja dari korban PHK," kata Dhewy.

Saat ditanya seberapa banyak minat korban PHK yang masuk BBPLKI, Dhewy mengaku, dari sisi jumlah tidak teridentifikasi.

"Dari sisi jumlah tidak teridentifikasi.tapi kalau lihat usia rata-rata antara 35 tahun ke atas.  Karena mayoritas korban PHK supaya cepat mencari nafkah itu biasanya ngojek atu buka warung, supaya cepat memenuhi kebutuhan hidup," jelasnya.(Den/Red)

berita terkait

Komentar