Wali Kota Cilegon, Iman Aryadi. (Foto: Net)
Wali Kota Cilegon, Iman Aryadi. (Foto: Net)

Iman Ariyadi: Jangan Pekerjakan Tukang Cat dari Cina

SERANG, TOPmedia – Menyikapi maraknya TKA (Tenaga Kerja Asing) yang bekerja di Kota Cilegon, Wali Kota Cilegon, Iman Aryadi meminta Intansi terkait untuk melakukan pengawasan orang asing secara ketat.

Dikatakan Iman, pengetatan pengawasan tersebut perlu dilakukan guna melindungi keberadaan buruh lokal dari maraknya tenaga kerja asing yang bekerja di Kota Cilegon.

"Dalam konteks ini meski masyarakat ekonomi Asean, rekrutmen TKA boleh dilakukan apabila SDM tenaga kerja yang dibutuhkan tidak ada di Indonesia. Tapi  kalau masih ada di Indonesia, industri tidak boleh seenaknya memakai TKA," ujar Iman, Senin (01/08/2106).

Iman juga menyampaikan bahwa Indonesia itu menggunakan prinsip negara Pancasila bukan negara ekonomi liberal. "Kalau ekonomi liberal boleh-boleh saja, tapi kalau negara prinsip Pancasila gak bisa,  karena ada aspek-aspek kemanusiaan didalamnya," tegas Iman.

Iman juga menambahkan, perusahaan yang berdiri di kota cilegon juga harus memikirkan kontribusinya terhadap masyarakat salah satunya dengan menyerap tenaga kerja lokal.

"Perusahaan juga tidak boleh melakukan perekrutan tenaga kerja asing sembarangan, jangan juga tukang cat didatangkan dari Cina," pinta Iman. (SH/red)

berita terkait

Komentar