Penjual hewan kurban di Pasar Rau, Kota Serang. (Foto: TOPmedia)
Penjual hewan kurban di Pasar Rau, Kota Serang. (Foto: TOPmedia)

Idul Adha Masih Bulan Depan, Harga Kambing Kurban Sudah Naik

TOPmedia, SERANG - Tiga pekan sebelum Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah, harga penjualan kambing dan sapi kurban merangkak naik. Kenaikan berkisar antara 10-20 persen dari harga di tahun sebelumnya.

Menurut Fatullah, seorang pengusaha penjual kambing dan sapi kurban di kawasan Pasar Rau Kota Serang, harga kambing dan sapi di kawasan itu naik sekitar 10 persen. Kenaikan itu menurutnya lantaran permintaan masyarakat yang meningkat, biaya transportasi serta upah bagi penunggu lapak.

"Kalo dibanding Idul Adha tahun kemaren mah lebih mahal sekarang mas harga kambingnya. Gak terlalu tinggi sih naiknya, paling naik juga seratus dua ratus ribu dari harga normalnya," ujar Fatullah, Rabu (24/8/2016).

Dijelaskan Fatullah, kisaran harga kambing kurban tahun ini mulai dari Rp2 juta untuk kelas C, Rp2,5 juta untuk kelas B hingga Rp3,5 juta/ekor untuk kelas A dan dilihat dari bobot kambingnya juga. Fatullah juga menyebutkan harga sapi kurban masih relatif normal, mulai dari kisaran Rp15 juta sampai Rp30 juta/satu ekor sapi.

“Kalo harga sapi kurban sih masih normal ya, ada yang harganya Rp15 juta per ekor sapi. Gimana relatif barangnya juga mas,” pungkasnya.

Sementara itu, diketahui pasokan kambing dan sapi kurban yang didapat kebanyakan berasal  dari Tasikmalaya dan Garut, Jawa Barat. (MG-1/Red)

berita terkait

Komentar