Ketua Umum HMI Cabang Serang Abu Jihad Amin.*
Ketua Umum HMI Cabang Serang Abu Jihad Amin.*

HMI Serang Dukung Pilkada Damai, Lawan Hoax Berbau SARA

SERANG, TOPmedia - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Serang mengajak seluruh elemen untuk mewujudkan Pemilu 2019 berjalan aman dan damai. Hal ini tidak terlepas dari maraknya informasi khususnya di media sosial mengarah kebohongan berujung perpecahan.

Ketua Umum HMI Cabang Serang Abu Jihad Amin mengatakan, dalam waktu dekat dihadapkan dengan pesta demokrasi lima tahunan. Tahun 2019, masyarakat diberikan kebebasan untuk memilih siapa yang akan menjadi pemimpin dan wakil rakyatnya. "Jangan sampai kebebasan memilih dan mendukung pemimpin mengarah pada perpecahan," ujarnya kepada wartawan, Kamis (6/12/2018).

Menurutnya, persatuan dan kebersamaan dan keberagaman harus tetap dikunjungi tinggi. Berbeda pilihan hal yang wajar, karena kita adalah negara yang berbeda-beda suku bangsanya, agama, terdiri dari ribuan pulau, tapi dengan perbedaan Indonesian menjadi bangsa yang besar. "Kita dianggap besar selama ini karena mampu menjaga keberagaman menjadi kekuatan," terangnya.

Kata dia, masalahnya dalam Pemilu 2019 berbarengan berkembangnya arus teknologi, media sosial salah satu contohnya menjadi alat efektif untuk berkampanye. Dampaknya, informasi yang beredar perlu dikroscek terlebih dahulu. "Semoga tidak ada penyebaran berita hoax dan isu sara yang dilakukan oleh para pendukung dan tidak ada oknum yg memanfaatkan momentum Pemilu ini untuk memecah belah Indonesia," katanya. 

Abu berharap, Pemilu nanti bisa berjalan dengan damai tanpa adanya kericuhan, baik antar pendukung ataupun sesama calon, santun dan saling menjaga agar terciptanya kenyamanan yang berlangsung. "Kami ingin semua pihak menahan diri. Tidak terpancing mengekspresikan dukungan yang berlebihan," katanya. (Gilang/Red)

berita terkait

Komentar