Ketua Fraksi PDIP DPRD Banten, Muhlis
Ketua Fraksi PDIP DPRD Banten, Muhlis

Hingga Oktober, Serapan APBD Provinsi Banten Tahun 2020 Baru 52 Persen

SERANG, TOPmedia - Terungkap  hingga akhir Bulan Oktober kemarin, serapan anggaran APBD Provinsi Banten tahun 2020 ternyata baru menyentuh pada kisaran angka 52 persen dari total keseluruhannya Rp 10 triliun lebih.

Padahal, sebelumnya Pemprov Banten memasang angka Silpa sebesar Rp 134 miliar.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Banten, Muhlis mengatakan, bagaimana jika serapan anggaran hanya mencapai 90 persennya saja. Maka, kata dia, Silpa yang muncul bisa mencapai Rp 1 triliun lebih.

Pada sisi lain, menyikapi kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang, kata Muhlis, seharusnya serapan anggaran APBD Provinsi Banten bisa lebih digenjot lagi dalam upaya mengintervensi pemulihan ekonomi masyarakat.

"Per 31 Oktober baru 52 persen. Masih banyak yang belum terserap. Harusnya bisa digenjot untuk mengintervensi pemulihan ekonomi dan lain-lain," terang Muhlis, kepada topmedia.co.id.

Muhlis mencontohkan, seperti serapan anggaran Jaringan Pengaman Sosial yang sampai.saat ini belum semuanya rampung didistribusikan kepada yang berhak dan tidak sedikit jumlahnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengungkapkan, realisasi atau serapan belanja daerah adalah 52,96 persen. Data tersebut terhimpun hingga 31 Oktober 2020. "Realisasi Rp5,677 triliun dari pagu Rp10,72 triliun," tuturnya. (Den/Red)

berita terkait

Komentar