Landak Jawa milik warga Baros yang diserahkan kepada BKSDA Jabar kelas 1 Serang karena termasuk hewan yang dilindungi. (Foto: TOPmedia)
Landak Jawa milik warga Baros yang diserahkan kepada BKSDA Jabar kelas 1 Serang karena termasuk hewan yang dilindungi. (Foto: TOPmedia)

Hewan Dilindungi, Warga Baros Serahkan Landak Jawa ke BKSDA Serang

SERANG, TOPmedia  - Warga Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, menyerahkan hewan yang dilindungi sebanyak 8 ekor Landak Jawa dengan nama latin Hustrix Javanica tersebut diserahkan oleh pemiliknya Ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar kelas 1 Serang untuk dilepas bebaskan.

Andre Ginson Kepala BKSDA Jabar Kelas 1 Serang mengatakan, ke delapan landak yang terbilang besar ini dikurung oleh pemiliknya sejak 14 tahun silam.

"1 ekor lainnya beratnya itu sudah kira-kira mencapai 8 kilo, nanti kita lepas liarkan ke habitat aslinya di hutan tropis," jelas Andre kepada awak media, ditemui di kantornya di Kota Serang, Kamis (16/8/2018).

Andre menjelaskan, awal mula pemiliknya menemukan dua ekor berada di kebun durian sekitar 14 tahun lalu, seiring berjalan waktu Landak peliharaannya tersebut berkembang biak hingga berjumlah 10 ekor.

"Menurut keterangan pemiliknya itu yang 2 hilang lupa menutup pintu kandang, jadi yang diserahkan kepada kita hanya 8 ekor saja. Ini masuk ke satwa yang dilindungi," ungkapnya.

"Hewan ini akan kita lepas setelah melewati proses penangkaran guna mengembalikan sifat aslinya hewan tersebut," pungkasnya.

berita terkait

Komentar