Indonesia vs Thailand. (Foto: Net)
Indonesia vs Thailand. (Foto: Net)

Head To Head Indonesia vs Thailand: Tim Tamu Masih Unggul

TOPmedia - Indonesia akan berjumpa dengan Thailand pada laga leg pertama final Piala AFF 2019, Rabu (14/12). Sepanjang sejarah Piala AFF, ini merupakan perjumpaan ke sembilan bagi kedua negara ini.

Dari rekor pertemuan tersebut, Thailand lebih unggul dalam hal head to head di Piala AFF. Gajah Perang memenangkan tujuh pertandingan, sementara Indonesia baru dua kali mengemas kemenangan. Belum ada pertandingan yang berakhir imbang.

Laga pertama terjadi pada Piala AFF 1998, saat itu masih bernama Piala Tiger. Pada laga ini, Indonesia kalah dengan skor 3-2 lewat gol bunuh diri Mursyid Effendi pada menit akhir. Laga kontroversial ini kemudian dikenal sebagai insiden sepakbola gajah.

Thailand juga pernah mengalahkan Indonesia pada dua laga final. Pertama, Indonesia kalah dari Thailand di Piala AFF 2000. Pada laga di Stadion Rajamanggala, Thailand sangat perkasa dengan mengemas kemenangan 4-1.

Perjumpaan kedua terjadi di final Piala AFF tahun 2002. Kala itu, Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Gelora Bung Karno. Bambang Pamungkas dan kolega menahan imbang 2-2 pada waktu normal. Namun, Indonesia harus kalah pada adu penalti dengan skor 4-2.

Berikut adalah head to head lengkapnya:

  • Piala AFF 1998

Babak Grup: Indonesia 2-3 Thailand
Perebutan posisi ketiga: Indonesia 3-3 Thailand [Penalti 5-4]

  • Piala AFF 2000

Babak Grup: Thailand 4-1 Indonesia
Final: Thailand 4-1 Indonesia

  • Piala AFF 2002

Final: Indonesia 2-2 Thailand [Penalti 2-4]

  • Piala AFF 2008

Semifinal leg pertama: Indonesia 0-1 Thailand
Semifinal leg kedua: Thailand 2-1 Indonesia

  • Piala AFF 2010

Babak Grup: Indonesia 2-1 Thailand

  • Piala AFF 2016

Babak Grup: Thailand 4-2 Indonesia

Kemenangan terakhir Indonesia saat berjumpa Thailand di Piala AFF terjadi pada tahun 2010 yang lalu. Sempat tertinggal lewat gol Suree Sukha pada menit ke-68, Indonesia akhirnya mampu membalikkan kedudukan lewat dua penalti Bambang Pamungkas pada menit ke-82 dan 91.

 

 

 

Sumber: www.bola.net

berita terkait

Komentar