Warga binaan Lapas Kelas III Cilegon yang dapat remisi bebas. (Foto: TOPmedia)
Warga binaan Lapas Kelas III Cilegon yang dapat remisi bebas. (Foto: TOPmedia)

Hari Ini, 14 Napi Lapas Kelas III Cilegon Hirup Udara Bebas

CILEGON, TOPmedia - Sebanyak 525 narapidana di Lapas Kelas III Cilegon, 255 diantaranya diberikan pengurangan masa tahanan (Remisi). Remisi itu diberikan bertepatan dengan memperingati HUT ke-71 Republik Indonesia.

Adapun pengajuan remisi itu diajukan oleh pihak lapas kepada Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Banten, dengan mengacu pada beberapa syarat pengajuan remisi sesuai peraturan pemerintah tentang pemberian pengurangan masa tahanan nomor 99 tahun 2012. Dimana diantaranya sebagai syarat pengajuan remisi kepada 525 narapida oleh pihak lapas, yang diajukan berdasarkan penilaian kelakukan baik para napi selama di lapas.

Dijelaskan Kepala Lapas Kelas III Cilegon, Andi Muhammad Syarif, dari 525 napi yang diajukan hanya 255 napi saja yang disetujui pengajuan remisinya, bahkan sebanyak 14 napi diantaranya yang mendapatkan remisi, hari ini dinyatakan telah bebas dari masa hukuman.

"Ya kita ajukan seluruhnya, tetapi lagi-lagi karena pemberian remisi mengacu pada aturan PP Nomor 99 Tahun 2012, maka tidak semuanya memenuhi persyaratan. Sehingga, hanya 255 napi saja yang disetujui," kata Andi, Rabu (17/08/2016)

Ditambahkan Andi, dari banyaknya narapidana yang mendapatkan remisi itu, tidak satupun napi dari tindak pidana khusus, seperti kasus korupsi menerima pengurangan masa tahanan, lantaran dari sebanyak lima napi dari kasus korupsi belum ada yang memenuhi persyaratan pengajuan pemberian remisi sesuai peraturan yang ada.

"Dari 255 napi yang mendapat remisi memang tidak ada satupun napi di kami (Lapas, red) dari kasus korupsi yang menerima remisi. Karena belum memenuhi syarat peraturan tadi (PP NO.99 Tahun 2012-Red)," tutupnya singkat. (S.H/Red)

berita terkait

Komentar