Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cilegon menggelar apel siaga pengawasan jelang Pilkada Kota Cilegon di Alun-alun Kota Cilegon, Jumat (4/12/2020).
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cilegon menggelar apel siaga pengawasan jelang Pilkada Kota Cilegon di Alun-alun Kota Cilegon, Jumat (4/12/2020).

H-5 Jelang Pilkada, Bawaslu Kota Cilegon Bakal Bentuk Patroli Money Politic

CILEGON,TOPmedia – H-5 Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon menggelar apel siaga pengawasan Pilkada Kota Cilegon di Alun-alun Kota Cilegon, Jumat (4/12/2020). 
 
"Untuk melihat kesiapan Bawaslu pada hari pelaksanaan (Pilkada Cilegon) tanggal 9 (Desember) nanti," kata Ketua Bawaslu Cilegon, Siswandi kepada wartawan, Jumat (4/12/2020).
 
Lebih lanjut, selain mempersiapkan anggota pengawas untuk melakukan pengawasan secara melekat dan profesional, pihaknya juga memberikan pembekalan pengetahuan tentang pungut-hitung dan rekapitulasi surat suara.
 
"Kemudian dengan cara melakukan pembinaan juga terhadap Pengawas TPS. Persiapan fisik atau mental pun kami lakukan," terangnya. 
 
Selain itu, kata Dia, dengan bersamaan nya pelaksanaan Pilkada ditengah pandemi Covid-19 pihaknya telah menyiapkan alat kerja dan juga alat pelindung diri (APD) untuk petugas pengawas di lapangan.
 
"APD dan alat kerja juga kita persiapkan," ucapnya.
 
Ia juga mengatakan, jelang masa tenang di tanggal 6 - 8 Desember pihaknya telah melakukan pemetaan tingkat kerawanan pada Pilkada Cilegon 2020. Pasalnya, kata Dia, dalam masa tenang Pilkada biasanya terjadi intimidasi, mobilisasi, serta money politic.
 
"Menjelang hari tenang itu biasanya ada intimidasi, mobilisasi (ASN), dan money politik," tegasnya.
 
Ia juga menegaskan, khusus untuk mencegah adanya money politic, pihaknya akan membentuk patroli pengawasan anti money politic mulai 5 Desember hingga pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020.
 
"Mulai besok sampai hari H itu kami akan melakukan patroli pengawasan anti money politik. Jajaran Panwascam, kelurahan, Pengawas TPS, kami melakukan patroli anti money politik bersama kejaksaan dan kepolisian," pungkasnya. (Firasat/Red) 
 

berita terkait

Komentar