Nampak gelombang pasang di salah satu pantai Lebak Selatan merobohkan warung yang ada di tepi pantai, (Foto:Topmedia)
Nampak gelombang pasang di salah satu pantai Lebak Selatan merobohkan warung yang ada di tepi pantai, (Foto:Topmedia)

Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter, BMKG Serang Imbau Nelayan Untuk Tidak Melaut

SERANG, TOPmedia- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang memberikan informasi terkait gelombang tinggi yang akan terjadi di Pantai Selatan, tepatnya di Kabupaten Lebak Banten. Gelombang tinggi tersebut diperkirakan akan terjadi hingga sepekan ke depan. Oleh karena itu, BMKG mengimbau pihak terkait melarang nelayan maupun wisatawan untuk mendekati pantai.

Kepala BMKG Serang Sugirin mengatakan, selama seminggu ke depan, ketinggian gelombang akan mencapai 4 meter sampai dengan 6 meter. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada pihak terkait, seperti Dinas Perhubungan atau Syahbandar, untuk tidak memberikan izin nelayan melaut.

“Banyak kecelakan kapal beberapa waktu lalu, baik itu di Binuangen dan juga Jember di akibatkan oleh gelombang tinggi. Oleh karena itu, perlu kami tegaskan kepada pihak terkait untuk tidak memberikan izin kapal untuk melaut, karena cukup membahayakan,”ujar Sugirin, dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (25/7/2018).

Selain mengimbau kepada para nelayan, Sugirin juga mengimbau kepada para wisatan, untuk tidak mendekati pantai atau bahkan berenang di pantai.

Ia juga menambahkan, bahwa faktor penyebab gelombang tinggi tersebut adalah kondisi kecepatan angin, kondisi tersebut berdampak pada peningkatan tinggi gelombang hingga berkisar 6 meter.( Red)

berita terkait

Komentar