Ilustrasi. (Foto: Net)
Ilustrasi. (Foto: Net)

Duh, Terlalu Sering Minum Teh di Pagi Hari Bisa Mengganggu Kesehatan

TOPmedia - Masyarakat di sejumlah negara di Asia seperti Indonesia, India, dan Malaysia umumnya memulai hari mereka dengan secangkir kopi atau teh panas, sambil membaca koran dan menikmati sepotong roti panggang. Bagi sebagian orang, praktik seperti ini mungkin terlihat menyehatkan.

Namun para ahli mengklaim bahwa meminum teh saat perut dalam kondisi kosong tidak baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita simak alasan apa yang membuat minuman kaya antioksidan ini tidak sehat saat dikonsumsi di pagi hari.

Mengganggu metabolisme

Menurut para ahli kesehatan, mengonsumsi teh saat perut dalam keadaan kosong dapat menggaung mekanisme dan sistem metabolisme tubuh. Ketika Anda mengonsumsi minuman tersebut, zat asam dan basa akan bercambur dan menganggu aktivitas metabolisme. Hal ini dapat menyebabkan kegelisahan, kram perut, dan gejala-gejala lainnya.

Memicu dehidrasi

Pernahkah Anda merasa haus saat bangun di pagi hari? Itu karena tubuh mengalami dehidrasi selama kurang lebih delapan jam. Nah, jika Anda memilih untuk meminum teh saat perut kosong, hal tersebut justru akan semakin menghilangkan kandungan air di dalam tubuh. Para ahli menemukan, teh memiliki sifat diuretik dan meminumnya di pagi hari dapat menyebabkan dehidrasi, kram otot, sakit pada persendian tubuh.

Tidak baik untuk kesehatan mulut

Kandungan gula dalam teh diketahui dapat meningkatkan kadar asam di dalam mulut yang selanjutnya akan menghapus lapisan enamel pada gigi. Akibatnya, warna gigi akan berubah menjadi kekuningan.

Menyebabkan kembung

Susu adalah salah satu bahan paling sering digunakan banyak orang saat hendak membuat secangkir teh hangat. Kendati demikian, campuran kedua bahan tersebut justru akan menyebabkan perut kembung karena kandungan laktosanya yang sangat tinggi. Diyakini bahwa mengonsumsi produk susu dalam bentuk apa pun saat perut kosong dapat menyebabkan gas dan sembelit.

Menyebabkan mual

Selain kopi, teh adalah jenis minuman yang kaya akan kafein. Kandungan inilah yang diklaim dapat meningkatkan energi pada tubuh manusia. Namun, para ahli kesehatan percaya bahwa mengonsumsi kafein saat perut kosong dapat menimbulkan efek samping berupa mual, pusing, dan sakit kepala.

 

Berita ini telah tayang di Okezone.com, dengan judul: Terlalu Sering Minum Teh di Pagi Hari Bisa Menimbulkan Dampak Kesehatan

berita terkait

Komentar