Ilustrasi (Foto:Net)
Ilustrasi (Foto:Net)

DPUPR Kabupaten Serang Minta Jalan Kopo - Cikande Diambil Alih oleh Provinsi

​​​​​​SERANG, TOPmedia - Jalan Kopo - Cikande terlihat retak yang dihiasi rumput-rumput liar, terjadi amblas dan terdapat genangan air yang melintasi beberapa desa di Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang.

Baca Juga

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang, Okeu Oktaviana mengaku, kesusahan dalam penanganan jalan tersebut, lantaran status jalan Kabupaten Serang itupun menjadi penghubung antara jalan provinsi dan nasional.

Belum lagi, kata dia, jalan Kopo - Cikande dijadikan jalur industri. Oleh karenanya, pihak DPUPR Kabupaten Serang telah mengusulkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten sejak 2018, namun jalan tersebut hingga saat ini belum mendapatkan persetujuan.

"Jalan ini sudah kita usulkan untuk menjadi jalan provinsi, karena menghubungkan jalan nasional dengan jalan provinsi dan jalur industri. Yang sampai saat ini belum ada persetujuan dari Pemprov Banten," ujar Okeu ditemui di Pemdopo Bupati Serang, Selasa(19/1/2021).

Lanjut Okeu, jalan yang dikeluhkan warga sudah diusulkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk mendapatkan perbaikan pada tahun ini. Meskipun, jalan penghubung Kopo - Cikande ini sudah diperbaiki pada 2018.

"Terakhir diperbaiki tahun 2018, dan rencana perbaikan lagi di tahun 2021 untuk beberapa segmen yang ditangani Besar, dan harapan kami untuk diambil alih kewenangannya oleh provinsi biar lebih optimal penangannya. Sudah diusulkan dari tahun 2018, 2019 hingga 2020," jelasnya.

Saat ditanya berapa kilometer jalan lintas Kopo - Cikande yang akan diperbaiki. Okeu mengatakan, hanya 100 meter saja dengan pagu anggaran sekitar Rp600 juta.

"Untuk 100 meter skitar 600 jutaan. Semuanya perbaikan sekitar 900 meter butuh anggaran 3,4 miliaran," tandas Okeu seraya mengakhiri wawancara. (Feby/Red).

berita terkait

Komentar