Anggota DPR RI, Mukhamad Misbakhun. (Foto: Net)
Anggota DPR RI, Mukhamad Misbakhun. (Foto: Net)

DPR Tegaskan Tolak Kenaikan Harga Rokok

JAKARTA, TOPmedia - Anggota DPR RI, Mukhamad Misbakhun menolak terkait kenaikan harga rokok, menurutnya bentuk penolakan itu bukan tanpa alasan karena kenaikan ini bukan berkaitan dengan kesehatan saja.

“Saya tidak setuju bukan tanpa alasan. Saya hanya minta pemerintah lebih cermat dan hati-hati, ujarnya  di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (27/8/2016). 

Dari aspek penerimaan negara, ada Rp150 triliun pemasukan negara dari cukai per tahun, yang 98 persen dari total itu berasal dari cukai rokok (Rp140 triliun). Lalu ada aspek lain yaitu industri. Kemudian ada lagi profesi petani tembakau. 

"Hasil industrinya dan aspek-aspek lainnya adalah sebuah sirkulasi ekonomi dan bagian dari anak bangsa. Tolong kalau ambil kebijakan ini diperhatikan, ada aspek ketenagarkaerjaan baik di pertanian maupun industrinya," katanya.

Aspek-aspek bahaya rokok bagi kesehatan boleh dikampanyekan seluas-luasnya. Tetapi jangan menyimpang terlalu jauh seolah industri rokok tidak berguna bagi pembangunan bangsa dan negara. Apalagi, sampai meminta para petani tembakau beralih profesi. (Landy/Red)

berita terkait

Komentar