Capres AS, Donald Trump. (Foto: Net)
Capres AS, Donald Trump. (Foto: Net)

Donald Trump Resmi Jadii Capres AS dari Partai Republik

AS, (TOPmedia) - Donald Trump akhirnya ditetapkan secara resmi menjadi calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik. Kepastian tersebut didapat setelah Trump menang telak atas beberapa kandidat lain dalam konvensi Partai Republik yang digelar di Cleveland, Ohio.

Trump menang dengan meraup dukungan 1.725 delegate, diikuti Senator Ted Cruz asal Texas dengan 475 delegate, Gubernur Ohio John Kasich dengan 120 delegate dan Senator Marco Rubio dari Florida dengan 114 delegate.

Anak sulung Trump, Donald Trump Jr. mengumumkan ayahnya mendapat dukungan dari delegasi New York, negara bagian asal Trump, selama konvensi Partai Republik. Hal tersebut untuk memastikan pebisnis kontroversial tersebut memiliki suara di atas 1.237 delegate, suara yang dibutuhkan untuk maju dalam pemilihan presiden AS pada 8 November 2016 mendatang.

"Ini adalah kehormatan bagi saya karena bisa menempatkan Donald Trump dalam posisi perhitungan delegasi teratas malam ini," ujar Donald Trump Jr dalam konvensi Partai Republik yang digelar Selasa (19/7/2016) malam.

Setelah terpilih sebagai capres resmi dari Partai Republik, langkah yang selanjutnya akan diambil oleh Trump adalah meresmikan Wakil Presiden yang akan mendampingi. Nama Gubernur Indiana Mike Pence sebelumnya diumumkan sebagai calon wapres Trump.

Pesaing berat Trump dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, langsung merespon kemenangan pesaingnya. Hillary melalui akun Twitter-nya menuliskan: "Donald Trump baru saja menjadi calon presiden dari Partai Republik. Sekarang tinggal memastikan ia (Trump) tidak akan pernah melangkahkan kakinya di Gedung Putih," cuit Hillary.

Hillary sendiri kemungkinan besar akan menjadi pesaing Trump pada pilpres November mendatang. Partai Demokrat, tempat Hillary bernaung, baru akan melangsungkan konvensi minggu depan di Philadelphia. (Detik.com)

berita terkait

Komentar