Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud. (Foto: Net)
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud. (Foto: Net)

Disambut Besar-Besaran, Raja Arab Saudi Bawa Investasi Rp94 Triliun ke RI

JAKARTA, TOPmedia - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada awal Maret mendatang. Tidak tanggung-tanggung, Raja Salman kabarnya akan membawa rombongan mencapai 1500 orang.

Selain untuk mempererat hubungan kedua negara, kedatangan Raja Salman tersebut juga untuk membahas investasi untuk RI. Tidak tanggung-tanggung, mereka kabarnya akan membawa investasi mencapai Rp94 triliun.

Investasi itu nantinya diwujudkan dalam pembangunan kilang minyak di Cilacap oleh perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco senilai USD6 miliar atau setara Rp79, 9 triliun. Selain itu ada juga proyek lain yang nilai kurang lebih USD1 miliar atau setara Rp13,3 triliun.

"Meski begitu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan jika Presiden Joko Widodo mengharapkan jumlah yang lebih besar. "Tadi bapak Presiden mengharapkan bahwa investasi Arab Saudi ini secara keseluruhan diharapkan bisa sampai dengan US$ 25 miliar," ujar Pramono Anung, Jumat (24/2/2017).

Seperti diketahui, Raja Salman rencananya akan berada di Indonesia pada tanggap 1-9 Maret mendatang. Ia dan rombongan bahkan berencana berlibur di Bali usai kunjungan kenegaraan pada 1-3 Maret.

Kunjungan ini dinilai sangat istimewa karena Raja Salman terakhir kali ke Indonesia adalah pada tahun 1970 atau 47 tahun lalu. Apalagi kali ini ia membawa rombongan terbesar, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran.

Presiden Joko Widodo sendiri rencananya akan menjemput langsung di Bandara dan juga akan menganugerahkan bintang kehormatan tertinggi Republik Indonesia kepada Raja Salman. Pramono Anung mengungkap jika Presiden Jokowi juga mendapat perlakuan yang sama saat berkunjung ke Arab Saudi beberapa waktu lalu. (Detik.com/Red)

berita terkait

Komentar