Kadinkes banten memantau langsung pemberian vaksin covid-19 kepada guru dan jurnalis di plataran RSU Banten, Kamis (25/2/2021) sore
Kadinkes banten memantau langsung pemberian vaksin covid-19 kepada guru dan jurnalis di plataran RSU Banten, Kamis (25/2/2021) sore

Dinkes Banten Fasilitasi Pemberian Vaksin Covid-19 Kepada 80 Awak Jurnalis

SERANG, TOPmedia - Dalam upaya memerangi penyebaran virus corona, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten memfasilitasi pemberian vaksin covid-19 kepada sejumlah awak media yang sehari-harinya meliput diwilayah kerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Baca Juga

Sebanyak 80 Jurnalis yang tergabung dalam pokja wartawan harian, elektronik dan televisi Provinsi Banten, semuanya hari ini disuntikan vaksin sinovac agar terbebas dari penukaran virus corona kedepan nantinya dan diharkan akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih prima.

Pemberian vaksinasi dilakukan di plataran parkir RSU Banten, dimulai pukul 16:00 WIB, bersamaan dengan para tenaga pengajar tingkat SMA/ SMk/SKh lainnya dengan disaksikan langsung oleh Kadinkes Banten, Ati Pramuji Astuti dan Direktur Utama (Dirut) RSUD Banten, Danang Hamsah Nugroho, Kamis (25/1/2021).

Dalam keterangannya Ati mengaku, sebelumnya pihanyak telah menyediakan kuota vaksinasi covid-18 kepada awak jurnali sebanyak 200 buah. Namun, karena yang lainnya kemungkinan masih berhalangan hadir, vaksinasi covid-19 hari ini baru diberikan kepada 80 orang yang sebelumnya telah melakukan proses pendaftaran dan satanya telah diserahkan kepada Kemenkes RI, sebelum nantinya dilakukannya vaksinasi.

"Sebenarnya kita buka diangka 200.Tetapi saat ini baru sekitar delapan puluhan yang sudah terdaftar. mungkin yang lain ada di Kabupaten dan kota selebihnya," terang Ati.

Setelah menjalani vaksinasi covid-19, diharaokan para jurnalis yang biasa meliput diwilayah kerja Pemprov Banten tersebut nantinya akan memiliki kekebalan tubuh, dengan begitu, kegiatan peliputan diwilayah kerja Pemprov Banten bisa berjalan lancar, lantaran antara pejabat publik dan jurnalis, semuanya telah memiliki kekebalan tubuh, sehingga diharapkan kedepan nantinya semuanya bisa terhindar dari penyebaran virus corona dan akan lebih aman.

Lebih jauh Ati mengatakan, untuk proses vaksinasi Tahap 2 termin 2, para jurnalis Banten tersebut kembali akan disuntikan baksinasi covid-19 pada tanggal 11 Meret mendatang.

Dirinya bersyukur, proses vaksinasi semuanya berjalan lancar, tidak ada kejadian apapun, termasuk Kejadian Lanjutan Pasca lmunisasi (KIPI) kepada nakes, pejabat dan petugas pelayan publik, kurnalis hingga guru.

"Alhamdulilah semua berjalan lancar. Sampai hari ini tidak ada kejadian KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) kepada para peserta vaksinasi," tegas Ati.

Meski begitu, sambung Ati, pihaknya mengaku telah menyediakan layanan kepada masyarakat dan jurnalis apabila kejadian KIPI pasa kemudian hari berlanjut.

Menurutnya, pokja KIPI tersedia mulai dari Kabupaten dan kota se-Provinsi Banten, termasuk Dinkes Banten, sehingga apabila ada kejadian KIPI lanjutan, masyarakat bisa menghubunginya untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dari tenaga medis tanpa dipungut biaya apapun alias gratis

"Untuk KIPI ada dimasing-masing Kabuoaten/kota, ada Komda KIPI di Provinsi. Biayanya gratis, untuk peserta BPJS akan ditanggung BPJS sedangkan yang tidak memiliki akan ditanggung pemerintah pusat," tegas Ati. (Den/Red)

berita terkait

Komentar