Kegiatan I'tiqaf CPNS di Lapas Kelas II A Kota Serang, Selasa (13/3/2018). (Foto:TOPmedia)
Kegiatan I'tiqaf CPNS di Lapas Kelas II A Kota Serang, Selasa (13/3/2018). (Foto:TOPmedia)

Dinilai Dapat Mencegah Terima Suap, Puluhan Calon Sipir Lapas Serang Dibekali Ilmu Agama

SERANG, TOPmedia – Agar tidak tergoda menerima suap, 38 calon sipir untuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Serang, sebelum bekerja diberikan bekal ilmu agama selama tiga hari mulai dari tanggal 13-15 Maret 2018, di masjid At-Tawwabin, Kota Serang.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Ajub Suratman mengatakan di berikanya pembekalan agama supaya para sipir lapas baru tidak tergoda menerima suap dari siapaun.

"Kita berikan pembekalan calon pegawai sipil, dalam rangka membentuk integritas dan miral yang kuat supaya komitmen anti narkoba dan anti sogok. Mental spiritual yang berkarakter salah satunya pendekatan agama selama tiga hari di masjid ini agar sholatnya baik, kalau sholatnya baik kan  bisa mencegah kemungkaran, bagaimana memuliakan warga binaan," ujarnya usai acara pembukaan kegiatan I'tiqaf CPNS di Lapas Kelas II A Kota Serang, Selasa (13/3/2018).

Ajub mengharapan kepada calon sipir yang terdiri dari 32 laki-laki termasuk 1 nasrani, 5 perempuan tersebut, di Lapas yang baru bisa bekerja dengan baik dan memegang teguh hukum, tidak menerima suap dalam bentuk apapun dan di harapkan ramah dengan penghuni warga binaan Lapas.

"Sayaharapan bisa bekerja dengan baik, dan saya harapkan tidak ada warga binaan kabur, tidak ada narkoba," harapnya.

Sementara itu Suherman ketua Lapas Kelas II A Kota serang, mengatakan 38  sipir baru akam di tempatkan di beberapa titik penjaga keamanan, namun ia menegaskan bisa kemungkinan sipir baru di tempatkan untuk melakukan pembinaan para penghuni Lapas.

"Sesuai job yang kosong sebagai penjaga tahanan, cuma nama lebih luas membing-bing dan membina, yang masuk sipir baru ini ada lulusan SLTA ada juga S1 semua dari serang banten, maksimal usia 28," paparnya.

Lapas kelas II A Serang kini ada 112 sipir, dari pengamanan yang sudah ada 74 dan di tambah 38 sipir baru.

"Ini sangat terbantu dalam segala hal pengamanan di lapas ini," pungkasnya. (Gilang/Red)

berita terkait

Komentar