Dinas SDAP Banten bersama Warga saat bergotong royong membersihkan sampah di aliran Sungai Ciujung dan Situ Terate, Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. (Foto: TOPmedia)
Dinas SDAP Banten bersama Warga saat bergotong royong membersihkan sampah di aliran Sungai Ciujung dan Situ Terate, Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. (Foto: TOPmedia)

Dinas SDAP Banten Gotong Royong Bersihkan Sungai dan Situ Bersama Warga

SERANG, TOPmedia - Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai dan situ. Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman (DSDAP) Provinsi Banten melakukan kegiatan gotong royong membersihkan sampah di aliran Sungai Ciujung dan Situ Terate yang berlokasi di Kecamatan Cikande Kabupaten Serang.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Sungai di Dinas SDAP Provinsi Banten, Rahmat Rugianto menyampaikan bahwa di banten ini banyak sungai dan situ dengan kondisi yang bermacam-macam. Salah satu yang sering terlihat adalah banyaknya sampah yang membuat sungai dan situ seolah-olah berfungsi sebagai tempat pembuangan sampah.

"Sungai dan situ diantaranya bisa dimanfaatkan sebagai sumber air untuk pertanian, air minum, energi pembangkit listrik, sarana transportasi dan tempat rekreasi," papar Rahmat, Rabu (03/08/2016).

Sehingga dikatakan Rahmat, sangat salah besar jika masyarakat terutama yang berada didaerah sungai dan situ tidak merawatnya dengan baik, minimal tidak membuang sampah ke sungai dan situ.
 
Kepala Seksi (Kasi) Penanggulangan Bencana, di Dinas SDAP Provinsi Banten, Endang Sudrajat juga menambahkan, bahwa tujuan dari diselenggarakannya gerakan bersih-bersih sampah di sungai dan situ ini adalah untuk mengajak masyarakat untuk menyadari betapa pentingnya fungsi dari sungai dan situ.

"Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 250 peserta yang terdiri dari satgas dan relawan Dinas SDAP, anggota Koramil Cikande, Karang Taruna Kecamatan dan Desa Situ Terate, Pelajar SMKN 1 Cikande, Ibu PKK dan masyarakat umum di Desa Situ Terate," ujar Endang.

Camat Cikande, Ajat Sudrajat menyambut baik kegiatan tersebut, menurutnya itu sangat membantu pihak kecamatan dalam rangka mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dalam memelihara kebersihan sungai dan situ di wilayahnya.

"saya sangat antusias, kegiatan seperti ini perlu dilakukan untuk merangsang masyarakat, karena kebersihan sungai dan situ itu tidak hanya semata-mata menjadi tugas pemerintah, melainkan tugas bersama-sama untuk merawatnya, agar tidak terjadi hal-hal yang berdampak negatif dari keberadaanya," ungkap Ajat.
 
Peserta yang dibagi dalam beberapa kelompok ini kemudian menyebar di Situ Terate dengan peralatan kebersihan yang disiapkan panitia.

Ratusan peserta yang ikut dalam kegiatan ini juga diberikan hadiah oleh pihak Dinas SDAP dengan syarat mampu mengumpulkan sampah paling banyak diantara kelompok yang lainnya. (Adv)

berita terkait

Komentar