Sejumlah warga Anyer nampak sedang membersihkan puing-puing akibat banjir dan longsor. (foto:fb)
Sejumlah warga Anyer nampak sedang membersihkan puing-puing akibat banjir dan longsor. (foto:fb)

Diduga Akibat Pembalakan Liar, Polda Banten Selidiki Penyebab Longsor

SERANG,TOPmedia - Kapolda Banten, Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengaku akan mengirimkan tim untuk melakukan penyelidikan terkait penyebab longsor yang terjadi di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, karena ada dugaan longsor disebabkan oleh pembalakan liar pohon oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

 “Tim kami akan melakukan pemantauan ke atas pegunungan di Anyer, untuk mengetahui secara detail penyebab terjadinya longsor, jika disebabkan pembalakan liar, maka saya akan memberikan sanksi tegas dan mengejar pelakuknya,” ujar Kapolda Banten Ahmad Dofiri di  Temui di Mapolda Banten, Rabu (27/7/2016).

Kapolda juga mengatakan sudah melakukan penyelidikan awal sejak pertama terjadinya longsor di daerah Anyer dan sekitarnya namun sampai kini pihaknya masih menunggu hasil akhir dari penyelidikan tim nya dilapangan.

“Dari awal setelah terjadinya longsor, kita sudah melakukan langkah awal dengan cara meminta keterangan  dari sejumlah masyarakat,” ujar Kapolda Banten.

Sampai saat ini Kapolda Banten mengaku belum menerima laporan dari anggotanya namun mudah-mudahan dalam waktu dekat segera diketahui hasilnya.

Seperti diketahui, banjir dan longsor melanda kawasan Anyer membuat satu desa di wilayah tersebut terisolir. Desa Sindang Mandi, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, kini kondisinya terisolir karena jalan desa itu tertutup material tanah, lumpur, batu dan kayu berukuran besar. (gilang/red).

berita terkait

Komentar