Foto ilustrasi.
Foto ilustrasi.

Diabetes, Penyakit Gula Yang Bisa Menyerang Kemampuan Seksual

TOPmedia - Diabetes merupakan penyakit yang muncul karena hormon insulin yang bekerja untuk mengatur gula tidak bisa berjalan dengan baik. Diabetes melitus (DM) atau yang sering dikenal dengan istilah penyakit kencing manis nyatanya juga bisa mengancam kesehatan organ tubuh lainnya dan menimbulkan komplikasi diantaranya adalah mata, jantung, ginjal, kaki, dan masih banyak lagi.

Tak berhenti sampai di situ saja. Kemampuan seksual seorang penderita diabetes juga bisa terganggu lho. Berikut adalah penjelasannya.

Kemampuan seksual pria
Diabetes menyerang kemampuan seksual pria lewat jalan neuropati. Saat seorang pria mengalami neuropati atau gangguan saraf, maka bisa menyebabkan disfungsi ereksi atau impotensi. Gangguan ini bisa langsung menyerang terutama jika pasien diabetes tersebut juga merokok.

Kemampuan seksual wanita
Sama seperti pria, diabetes juga bisa menurunkan kemampuan seksual wanita karena neuropati. Selain itu diabetes juga membuat wanita hamil bisa berisiko tinggi untuk mengalami keguguran atau tingginya kemungkinan bayi untuk lahir cacat.

Itulah dampak dari komplikasi diabetes bagi kesehatan seksual. Mengerikan bukan? Oleh karena itu sebelum terlambat, sebaiknya hindari beberapa faktor yang bisa membuatmu terserang diabetes seperti pola makan tidak sehat hingga jarangnya berolahraga.

berita terkait

Komentar