HNSI mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi - Amin pada pilpres 2019. (Foto: TOPmedia)
HNSI mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi - Amin pada pilpres 2019. (Foto: TOPmedia)

Di Kandang Prabowo, Himpunan Nelayan Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

SERANG, TOPmedia - Komunitas Nelayan Jokowi yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi - Amin pada pilpres 2019 mendatang di Kandang Prabowo Kota Serang, Banten, Senin (11/3/2018).

Ketua Umum DPP HNSI Mayor Jenderal TNI Marinir (Purn) Yusuf Solichien mengatakan hari ini di Kota Serang seluruh nelayan Indonesia mendeklarasikan mendukung Jokowi - Amin.

"Kita betul-betul mendukung dan akan memilih Jokowi Amin pada pilpres April mendatang. Tapi kami minta jika nanti terpilih kami titip pesan buat Jokowi," katanya kepada awak media di Kota Serang, Senin (11/3).

Pesan tersebut dikatakan Yusuf, yakni laut sebagai harapan bangsa harus dikelola secara profesional. Pihaknya juga meminta pemerintah untuk menjaga keasrian laut.

"Kedua untuk mengelola laut yang sedemikian komplek kita minta menteri kelautan untuk peduli terhadap kepentingan nelayan kemudian kami juga minta bahwa kedepan pemerintah betul-betul memperhatikan nasib nelayan," bebernya.

Selanjutnya dikatakan Yusuf, pihaknya meminta kepada Jokowi untuk tidak membatasi penggunaan kapal bagi nelayan yang akan pergi melaut.

"Sekarang setelah kapal-kapal maling hilang tidak ada yang bisa memanfaatkan tempatnya terbatas yang diizinkan hanya sampai 150 GT kedepan kita minta nelayan bisa melaut di laut lepas tidak perlu di batasi," ucapnya.

"Kalau bisa nelayan melaut sampai di samudra Pasifik dan samudra Hindia hingga samudra Atlantik kalau mungkin supaya bisa bersaing di pasar global sekarang kan kita jago kandang masih sederhana," tambahnya.

Selain itu, dikatakan Yusuf pihaknya juga meminta kepada pemerintah untuk segera mewujudkan Bank Nelayan dan juga Bulog perikanan agar nelayan semakin sejahtera.

"Terutama Bulog perikanan harus segera diwujudkan karena kalau  berlimpah hasilnya tidak ada pendingin ikan busuk kalau ada bulog perikanan semua terserap di  dibeli oleh Bulog Perikanan dengan harga yang wajar," tuturnya.

Sementara itu, Dewan Penasihat HNSI Bambang Soesatyo menuturkan tidak salah kalau nelayan mend mendeklarasikan mendukung dan memilih pak Jokowi untuk dua periode.

"Karena berkat beliau lah nasib nelayan diperhatikan dibanding pemerintah sebelumnya. Kita bisa lihat perhatian pemerintah sangat luar biasa bagi nelayan. Untuk itu mari menangkan Pak Jokowi - Amin," tuturnya. (Kie/Red)

berita terkait

Komentar