Sekertaris Komisi V DPRD Banten, Fitron Nur Ikhsan
Sekertaris Komisi V DPRD Banten, Fitron Nur Ikhsan

Dewan Minta Pencairan Jamsos Ratu Dipercepat

SERANG, TOPmedia - Pemerintah Provinsi Banten diminta untuk dapat mengambil langkah strategis dalam upaya meringankan beban masyarakat akibat diterapkannya pemberlakuan PPKM darurat, salahsatunya melalui pencairan program Jamsos Ratu milik Pemprov Banten.

Sekertaris Komisi V DPRD Banten, Fitron Nur Ikhsan mengatakan, seiring dengan dilakukan langkah optimalisasi pencairan jamsos APBN, jamsos ratu juga menjadi daya dukung yang signifikan.

Untuk itu, pihaknya berharap agar pencairan program Jamsos Ratu milik Pemprov Banten bisa dipercepat dalam meringankan beban masyarakat ditengah pendemi covid-19 dan dari diberlakukannya PPKM darurat seperti saat ini.

"Mohon Dinsos dapat melakukan percepatan dalam pencairan. PPKM darurat ini sangat terasa dampaknya," kata Fitron.

Menurutnya, melalui realisasi bansos, diharakan dapat menjadi upaya pemenuhan kebutuhan pokok dan mengurangi beban penghidupan keluarga miskin dan rentan termasuk menjaga daya beli masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya akan mencoba mengambil langkah koordinatif, dengan melakukan pemanggilan kepada pihak terkait, dalam hal ini Dinsos Banten agar pencairannya bisa dipercepat.

"Kita akan panggil Dinsos. Kami minta dinsos menyiapkan laporan eksistingnya secara administratif. Bagaimana kemungkinan apakah dapat dipercepat?. Kita juga ingin tahu apakah data datanya sudah memenuhi aspek integritas," beber Fitron.

Tidak hanya itu saja, sambung Fitron, pihaknya juga akan mengkoordinasikan bansos lainnya juga agar dapat diakselerasi.

Disisi lin, sambung Fitron, pihaknya berharap agar pada proses pendataan calon penerimanya bisa tepat sasaran, untuk itu perlu kerjasama antara Pemprov Banten dan Pemkab/Pemkot lainnya agar perkuatan integritas data menjadi valid.

"Karena untuk memperkuat integritas data, tidak hanya menjadi tugas pemerintah pusat. Pemerintah kabupaten kota diharapkan juga dapat aktif melakukan verifikasi dan validasi data sehingga bansos bisa tepat sasaran," katanya.

Menurutnya, hal itu untuk mensiasati keterbatasan anggaran seperti terjadi saat ini, ditengah pendemi covid-19, dengan harapkan bantuan dari Pemprov Banten ini menjadi presisi.

Sedangkan kepada masyarakat yang sudah layak graduasinya, pihaknya berharap agar penerimanya bisa dialihkan kepada pihak yang lain yang lebih membutuhakan.

"Jika memang ada sebagian masyarakat yang sudah layak

Graduasi alangkah lebih baiknya sasarannya dialihkan kepada yang lain yang kini lebih terdampak," tandasnya. (Den/Red)

berita terkait

Komentar