Wali Kota Serang Syafrudin
Wali Kota Serang Syafrudin

Dari 5000 Sasaran, Baru 129 Nakes di Kota Serang Yang Disuntik Vaksin Sinovac

SERANG, TOPmedia – Sebanyak 129 Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Serang sudah divaksinasi sinovac tahap pertama. Nakes di Ibu Kota Provinsi Banten sendiri ada sebanyak 5000 orang.

Wali Kota Serang, Syafrudin mengatakan vaksinasi itu sesuai dengan aplikasi yang ada lewat SMS yang masuk dan juga berisi jadwal terkait vaksinasi.

"Saya hari ini meninjau proses vaksinasi kepada tenaga kesehatan, kemudian vaksinasi ini sesuai dengan aplikasi yang ada jadi lewat pesan SMS yg masuk disitu berisi jadwal terkait vaksin mulai dari jamnya, kemudian seperti tensi, skrining," katanya kepada wartawan Senin (18/1/2021).

Syafrudin melanjutkan, proses skrining ada beberapa pertanyaan nantinya dari petugas diantaranya pertanyaan riwayat penyakit dan lain sebagainya.

"Dan saya lihat dalam proses skrining itu ada beberapa pertanyaan yg di sampaikan oleh petugas mulai pertanyaan riwayat penyakit dan lain sebagainya. Setelah proses itu nanti keluar hasilnya layak atau tidakya untuk divaksin," imbuhnya.

"Kemudian setelah itu melanjutkan ke meja tiga yg nantinya akan dilakukan suntik vaksinasi, setelah itu melanjutkan ke meja empat untuk melakukan pengawasan dari hasil disuntik vaksin selama 30 menit," sambung Syafrudin.

Kota Serang, menurut Syafrudin sudah menerima vaksin sinovac dari Pemerintah Provinsi (Pemrov) Banten untuk kemudian dibagikan ke Rumah Sakit (RS) dan RS Swasta di Kota Serang.

"Kita itu dikirim dari Pemprov. Dari sebanyak itu dibagikan ke beberapa RS yg ada di Kota Serang dan keduanya RS swasta," ungkapnya.

Secara teknis semua pelaksanaan vaksinasi itu, kata Syafrudin, diatur oleh Dinas Kesehatan (Dinkes),"Dan itu semua diatur oleh Dines Kota termasuk dari penentuan hari, jumlah dan lainnya," ujarnya.

Selain itu, sampai saat ini, dikatakan Syafrudin, belum ada penolakan terkait vaksinasi di Kota Serang. Dan 129 Nakes, kata dia, sudah divaksinasi.

"Sementara ini belum ada penolakan vaksinasi dari tenaga medis. Dari hari jumat sampai saat ini yang sudah di vaksin itu sudah ada 129 dari tenaga medis sebanyak 5000 sampai ke tingkat Puskesmas," tandasnya.(Adi/Red)

berita terkait

Komentar