Pasangan calon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon
Pasangan calon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon

Dana Awal Kampanye Pilkada Cilegon: Helldy Rp 500 Ribu, Haji Mumu Setengah Miliar

CILEGON, TOPmedia - Pasangan calon (Paslon) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon telah melaporkan dana kampanye awalnya. Dana kampanye ini merupakan biaya berupa uang ataupun barang dan jasa yang digunakan Paslon untuk membiayai kampanyenya.

Diketahui, dana kampanye ini diatur dalam PKPU No 12 Tahun 2020 tentang Perubahan atas PKPU No 5 Tahun 2017 tentang Dana Kampanye Peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Dalam PKPU tersebut, Paslon wajib memiliki rekening khusus yang menampung penerimaan dana kampanye. Laporan awal dana kampanye yang harus dilaporkan Paslon wajib memuat informasi mengenai rekening khusus tersebut dan saldo awal dana kampanye.

Berdasarkan hasil penelusuran topmedia.co.id, di situs resmi https://kota-cilegon.kpu.go.id/, Selasa (29/9/2020), seluruh paslon telah melaporkan dana kampanye awalnya. Diketahui, laporan dan audit dana kampanye dilakukan mulai 25 September 2020.

Dari laporan yang dipublikasikan pada Senin (28/9/2020), ada 1 paslon dengan dana kampanye awal paling sedikit, yakni hanya Rp 500 ribu. Paslon nomor urut 4 tersebut adalah: Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian - Sanuji Pentamarta.

Sementara itu, Paslon yang memiliki dana kampanye awal terbanyak adalah Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon, Ali Mujahidin - Lian Firman. Paslon nomor urut 1 tersebut memiliki dana kampanye awal sebesar Rp 500 juta.

Adapun Paslon nomor urut 2 dari kubu petahana, Ratu Ati Marliati - Sokhidin memiliki dana kampanye awal sebesar Rp 1 juta. Sedangkan, paslon nomor urut 3, Iye Iman Rohiman - Awab memiliki dana kampanye awal sebesar Rp 5 juta.

Laporan dana kampanye paslon Pilkada 2020 bisa diketahui dari situs https://kota-cilegon.kpu.go.id/pengumuman-laporan-awal-dana-kampanye-pemilihan-walikota-dan-wakil-walikota-cilegon-tahun-2020/. (Firasat/Red)

berita terkait

Komentar