Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

Cuaca Buruk, BMKG Serang Imbau Nelayan Banten Selatan Tidak Melaut

SERANG, TOPmedia - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, mengimbau bagi para nelayan agar mewaspadai gelombang tinggi yang diakibatkan hujan lebat yang diperkirakan akan terjadi esok hari.

Diungkapkan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Serang, Tricahyo, bahwa potensi hujan lebat selama dua hari yang akan terjadi dibeberapa Kota/Kabupaten di Provinsi Banten, akan dirasakan saat menjelang sore dan malam hari.

“Kalo untuk hujan dan petir dipastikan akan terjadi, terutama pada sore dan malam hari. Intensitasnya dipastikan akan tinggi, ”  ujar Tricahyo kepada TOPmedia saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (29/8/2016).

Tricahyo mengimbau bagi masyarakat di Banten selatan, terutama di kabupaten Lebak yang bersentuhan langsung dengan pantai selatan, seperti nelayan dan pengguna penyebrangan laut lainya yang melintas di laut selatan agar tidak melakukan aktivitasnya selama dua hari.

“Untuk diwaspadai yaitu Banten selatan, Selat Sunda bagian selatan, gelombang lautnya kira-kira mencapai 2,5 meter, bahkan bisa lebih. Pelaut Banten selatan diharapkan jangan melaut, untuk menghindari hal yang tidak di inginkan,” katanya.

Ditambahkan Tricahyo, selain di laut, ia pun mengimbau bagi warga yang rumahnya berada di daerah yang berbukit dan datar, BMKG Serang menghimbau agar meningkatkan kesiagaanya, untuk menghadapi jika terjadinya bencana banjir maupun longsor.

“Untuk wilayah barat yang saat ini intensitas hujannya tinggi, kami harapkan bagi warga yang berada di daerah pegunungan yang kemungkinan bisa terjadi longsor dan banjir harus lebih siap siaga,,” pungkasnya. (Gilang/Red)

berita terkait

Komentar