The Gate Tower, Osaka, Jepang. (Foto: Net)
The Gate Tower, Osaka, Jepang. (Foto: Net)

Buset, Gedung di Jepang Ini Bisa Ditembus Jalan Tol

TOPmedia - Banyak bangunan yang memiliki konstruski indah dan membikin decak kagum. Namun, bangunan gedung yang satu berbeda dari biasanya, juga akan membuat Anda ternganga.

Gedung itu bernama The Gate Tower, yang terletak di Osaka, Jepang. Apa yamg membuatnya beda dan menarik? Rupanya separuh bagian gedung tersebut dapat "ditembus" oleh jalan tol.

Tentu saja, karena lantai lima hingga tujuh gedung perkantoran ini, dilalui jalan tol Hanshin. Karena itu, lift di gedung ini pun melompat dari lantai empat langsung ke lantai delapan.

Keunikan gedung ini pun membuat banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke sana hanya untuk menyaksikan kehebatan arsitektur gedung ini.

Bangunan The Gate Tower sebenarnya adalah hasil kompromi yang tidak biasa antara pemilik tanah dan pemerintah Jepang. Lahan tersebut telah lebih dulu ditempati oleh sebuah perusahaan pengolah kayu dan arang sejak awal periode Meiji. Semakin lama gedung tersebut mulai rusak akibat terkena dampak produksi.

Pada 1983, perusahaan memutuskan untuk membangun kembali gedung tersebut. Sayang, izin bangunan ditolak karena pemerintah berencana membangun jalan raya di atas tanah ini.

Tidak putus asa, pemegang hak milik gedung tersebut ahirnya bernegosiasi dengan pemimpin proyek Hanshin Expressway selama kurang lebih lima tahun hingga mencapai solusi yang ada saat ini.

Meski "berpotongan" dengan jalan tol, aktivitas bisnis di Gate Tower nyaris normal alias tidak terganggu sama sekali. Jalan raya dirancang sedemikian canggih hingga tidak dapat memunculkan gangguan pada bangunan.

Kelemahannya, terkadang diakui penghuni gedung jika masih sering terdengar suara bising dan getaran dari jalan.

Pemandangan unik perpaduan antara jalan tol dan gedung pencakar ini terlihat makin indah saat malam hari. Luar biasa

 

 

Sumber: www.dreams.co.id

berita terkait

Komentar