Buku LKS bergambar Garuda menari yang beredar di Mojokerto. (Foto: Net)
Buku LKS bergambar Garuda menari yang beredar di Mojokerto. (Foto: Net)

Buku LKS Lecehkan Simbol Negara Beredar di Mojokerto

TOPmedia - Dunia pendidikan Indonesia kembali gempar. Belakangan, beredar buku LKS (Lembar Kerja Siswa) untuk mata pelajaran Kewarganegaraan bersampul Burung Garuda menari.

Hal itu diketahui setelah muncul laporan dari seorang siswa SMK Islam Walisongo, Kecamatan Sooko, Mojokerto. Siswa bernama Putra itu mengaku menerima LKS tersebut Senin (8/8) kemarin. Ia mengatakan awalnya tidak terlalu memperhatikan sampul buku sebelum dirinya dan rekan lain mengobrol.

"Burung Garudanya menari, harusnya Burung Garuda tegak, kepalanya menoleh ke kanan, ini sayapnya seperti sedang menari. Jelas melecehkan lambang negara kita," ujar Putra. "Awal dikasih wali kelas saya nggak sadar, kemudian pas ngobrol sama teman-teman, kok gambar Burung Garudanya menari, akhirnya kami sampaikan ke guru soal ini supaya diganti."

Sementara ini, pihak sekolah masih melaporkan kepada tim Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk ditindaklanjuti. Namun untuk saat ini laporan tersebut belum mendapatkan tanggapan.

Buku LKS bergambar Burung Garuda menari itu sendiri diterbitkan oleh sebuah penerbit buku di Klaten, Jawa Tengah. Disebutkan pula dari penerbit yang sama pada semester genap lalu, buku LKS mapel Kewarganegaraan juga menampilkan gambar yang dianggap kurang pantas yaitu anak-anak membawa bendera merah-putih tetapi bertelanjang dada.

 

 

Sumber: www.wowkeren.com

berita terkait

Komentar