Ilustrasi*
Ilustrasi*

BPS Banten: Sensus Penduduk Tahun 2020 Berbasis Online

SERANG, TOPmedia - Badan Pusat Statistik (BPS) sedang bersiap-siap melakukan sensus penduduk 2020 yang menjangkau seluruh penduduk Indonesia. Rencananya sensus ke-7 itu akan dilaksanakan menggunakan peralatan digital, bukan lagi mengandalkan kertas.

Peralatan digital yang dimaksud antara lain berupa aplikasi smartphone dan web. Harapannya peralatan tersebut bakal membantu pencacah lapangan yang mengumpulkan data, juga memudahkan warga yang ingin memasukkan datanya sendiri.

Dikatakan Kepala Bidang Statistik Sosial Badan pusat statistik (BPS) Provinsi Banten, Tuty Amalia,  BPS Banten berencana akan melakukan sensus penduduk berbasis online dimulai Februari-Maret 2020 mendatang. Sensus penduduk yang dilakukan BPS Banten bertujuan untuk mengetahui jumlah penduduk dan karakteristik masyarakat.

"Sensus online bulan Februari-Maret 2020, Sensus penduduk," kata Tuty Amalia, melalui pesan singkat WhatsApp, Jumat (21/6/2019).

Kendati demikian, Tuty Amalia mengatakan, BPS Banten melakukan sensus penduduk berbasis online dengan memanfaatkan data dasar dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Provinsi Banten.

"Untuk mengetahui jumlah penduduk dan karakteristiknya, dengan memanfaatkan data dasar dari Dukcapil, menuju satu data kependudukan Indonesia," ujarnya.

Tuty juga berharap, agar masyarakat segera menyiapkan data diri untuk dilakukan sensus kependudukan.

"Sensus sebentar lagi, siapkan data diri anda," tutupnya. (TN/Red)

berita terkait

Komentar