Pengendara motor di Cilegon terjebak Banjir. (Foto: TOPmedia)
Pengendara motor di Cilegon terjebak Banjir. (Foto: TOPmedia)

BPBD Cilegon: Ada 25 Titik Laporan Terdampak Banjir

CILEGON, TOPmedia - Hujan lebat yang mengguyur sejak semalam, menyebabkan 25 titik wilayah di Kota Cilegon tergenang banjir. Dari 25 titik tersebut, genangan yang paling terbanyak ada di Kecamatan Pulomerak.

"Ya, dalam banjir yang terjadi pada hari ini, Senin (27/01/2020) ada 25 titik yang terdampak banjir,dan yang paling terbanyak daerah yang terdampak banjir ada di Kecamatan Pulomerak," kata Gayatra Lumbay, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggangan Bencana Daerah(BPBD) Kota Cilegon.

Dalam pencegahan dan kesiasiaggan banjir pihaknya lanjutnya sudah melakukan mitigasi bencana dengan melakukan pembersihan sungai yang ada di seluruh Kecamatan. "Pada tahun ini kami (BPBD,Red) bersama dengan pihak Kelurahan, Kecamatan Tagana, Masyarakat dan pihak industri sudah melakukan pembersihan di 33 titik sungai yanga ada di seluruh Kecamatan," kata Gayatra.

Dalam pembersihan sungai itu yang menjadi kendala adalah masih banyak sampah yang di buang masyarakat ke sungai sehingga ketika hujan air tidak bisa mengalir, selain banyaknya sampah banjir ini disebabkan juga oleh banyak warga yang membangun rumah yang diatas resapan air dan diatas drainase.

"Untuk itu perlu adanya kerjasama baik Pemerintah (Dinas Perkim), Kelurahan, Kecamatan masyarakat, untuk sama sama menjaga, masyarakat jangan buang sampah sembarangan, dan jangab mendirikan bangunan di daerah resapan air dan diatas drainase," ujarnya. (Ik/Red)

berita terkait

Komentar