Kepala BNN Provinsi Banten, Tantan Sulistyana saat memberikan keterangan kepada awak media. (Foto: TOPmedia)
Kepala BNN Provinsi Banten, Tantan Sulistyana saat memberikan keterangan kepada awak media. (Foto: TOPmedia)

BNN Banten Tangkap Kurir Suruhan Napi di Lapas Lampung, 10 Kg Sabu Disita

SERANG, TOPmedia - Badan Narkotika Nasioanal Provinsi (BNNP) Banten berhasil mengamankan 10 kilogram Narkotika jenis Sabu yang dikendalikan dari dalam lapas Rajabasa, Bandar Lampung, Jumat (08/03/2019).

Narkotika tersebut dijemput oleh seorang kurir dari daerah Lampung yang mendapatkan perintah dari seorang Warga binaaan Lapas Rajabasa Lampung diparkiran sebuah apartemen di daerah Jakarta utara.

"Yang mengendalikan adalah tahanan dalam Rutan LP Rajabasa Lampung yang mana rencananya barang tersebut akan digeser dari Jakarta ke Lampung." kata Kepala BNN Provinsi Banten, Tantan Sulistyana, di Kantor BNNP Banten, Kamis (14/03/2019).

Tantan menerangkan, setelah dilakukan pemantauan pergerakan, dari mulai penjemputan dan pengambilan barang oleh kurir, Tim Gabungan BNN RI dan BNNP Banten melakukan penangkapan di rest area Km 43 Tol Jakarta-Merak.

"Tepatnya di SPBU 3 jalan tol Jakarta-Merak yang bersangkutan kita lakukan penangkapan dan dalam penangkapan tersebut  kita ditemukan 10 kg sabu yang dibawa oleh seorang kurir yang sedianya akan digeser ke wilayah Lampung," terangnya.

Saat ini, kata Tantan, Warga binaan yang berinisial (T) yang berada dalam lapas sedang dilakukan pemeriksaan intensif guna pengembangan ke jaringan yang lebih atasnya.

"Barang Narkotika jenis Sabu yang kita amankan tersebut, kalau kita lihat dari kemasannya berasal dari negara Cina. Namun kita belum sampai ke jaringan tingkat atas nya, sedang kita dalami," ujarnya.

Dari hasil penangkapan tersebut, lanjut Tantan, berhasil diamankan, sepuluh paket Jenis Sabu dengan berat 10 kilogram, satu buah tas gendong warna hitam, satu buah tas gendong warna biru, satu unit Handphone, uang tunai sebanyak Rp 900 ribu, serta satu mobil Daihatsu warna putih dengan No Pol BE 1398 YE.

"Akibat perbuatannya,tersangka dikenakan pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) JO pasal 132 ayat (1) UU RI no 35 tahun 2009 terntang Narkotika," tandasnya. (TB/Red)

berita terkait

Komentar