Ilustrasi.*
Ilustrasi.*

BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi di Selat Sunda

SERANG, TOPmedia - BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang melanda wilayah Selat Sunda dan Laut Jawa.

Untuk Selat Sunda wilayah Selatan ketinggian mencapai 2,5-4 meter. Lalu di Laut Jawa bagian Selatan ketinggian antara 1,25-2 meter. Sedangkan di Selat Sunda bagian Utara, ketinggian gelombang masih terbilang normal, antara 0,25-1 meter.

"Untuk gelombang tinggi di Selat Sunda bagian Selatan, kalau untuk Selat Sunda bagian Utara aman," kata Trian, Prakirawan BMKG Serang, saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Rabu (24/01/2018).

Untuk arus penyeberangan di Pelabuhan Merak dipastikan tidak mengalami gangguan. Karena posisinya berada di Selat Sunda bagian Utara.

"Itu pun rutin kami keluarkan untuk cuaca wilayah Banten. Kami keluarkan untuk pihak terkait," terangnya.

Trian menjelaskan kalau salah satu penyebab terjadinya gelombang tinggi dikarenakan kuatnya hembusan angin yang saat ini sedang musim angin barat dan juga dikarenakan perbedaan tekanan udara di lautan.

Karenanya, masyarakat yang beraktifitas di wilayah perairan Selatan Banten, untuk berhati-hati. Terutama nelayan yang akan melaut.

"(Gelombang tinggi) bisa disebabkan angin baratan yang terlalu kuat, sama juga tekanan udara yang terlalu kuat. Itu kan untuk yang di laut. Kalau untuk yang di daratan aman-aman aja," jelasnya. (YDtama/Red)

berita terkait

Komentar