Ketua Bawaslu Kabupaten Serang Yadi (Foto:Topmedia)
Ketua Bawaslu Kabupaten Serang Yadi (Foto:Topmedia)

Besok, Bawaslu Panggil Kepala Kemenag Kabupaten Serang

SERANG, TOPmedia - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang telah melayangkan surat pemanggilan kepada Kepala Kemenag Kabupaten Serang, Tb Syihabudin. Rencana itu dilakukan lantaran, beliau mengatakan, mendukung Ratu Tatu Chasanah untuk maju dua priode diacara silaturahmi, dzikir dan doa untuk keselamatan masyarakat Kabupaten Serang yang digelar di Lapangan Tennis Indoor Setda Kabupaten Serang, pada hari Selasa 7 January 2020 lalu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Yadi menjelaskan, pihaknya akan melakukan pemanggilan kepada Kepala Kemenag Kabupaten Serang, soal pernyataan dukungan dua priode kepada calon petahana Ratu Tatu Chasanah. Namun, kata Yadi, sebelum kearah sana, pihkanya akan melakukan kajian terlebih dahulu untuk memastikan bahwa itu masuk dalam kategori pelanggaran.

"Kami rencanakan akan menggelar diskusi di internal. apalabila dalam video itu mengarah pada pelanggaran ASN. Maka kami akan memanggil ketua Kemenag Kabupaten Serang," kata Yadi saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler, Kota Serang, Senin (20/1).

Menurutnya, berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dijelaskan bahwa setiap ASN  dilarang memberi dukungan atau melakukan kegiatan yang mengarah pada politik praktis pada kontestasi Pilkada, Pileg, dan Pilpres.

"Yang jelas dalam undang-undang itu tidak boleh membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan salah satu calon," jelasnya.

Tak sampai disitu, Yadi juga menegaskan, akan segera melakukan kajian internal beserta jajarannya untuk memastikan tindakan tersebut mengarah kepada pelanggaran atau tidak. Jika melanggar, lanjut Yadi, pihaknya akan segera melakukan pemanggilan dalam waktu dekat ini.

"Tunggu saja hasil kajiannya, kalau ada pelanggaran soal netralitas ASN melanggar pasti kita panggil. Kajian akan dilaksanakan secepatnya," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Serang, Tb Syihabudin telah mengetahui dirinya akan di panggil oleh Bawaslu Kabupaten Serang. Sebab itu, kata dia, sebagai warga Negara yang baik, siap datang memberikan klarifikasi.

"Kita siap memberikan penjelasan, karena kita ini sebagai warga negara yang baik," singkat Syihabudin dengan telah mengetahui surat pemanggilan dari Bawaslu Kabupaten Serang, pada esok hari Selasa 21 January 2020. (Feby/Red)

berita terkait

Komentar