Konferensi Pers Penangkapan Komplotan Pecah Kaca Mobil di Mapolres Serang Kota
Konferensi Pers Penangkapan Komplotan Pecah Kaca Mobil di Mapolres Serang Kota

Berbekal Rekaman CCTV, Polisi Tangkap 4 Tersangka Spesialis Pecah Kaca Mobil

SERANG, TOPmedia – Kepolisian Resor Serang Kota  meringkus 4 orang tersangka pencurian dengan modus pecah kaca mobil.

Kasatreskrim Polres Serang Kota, AKP Mochamad Nandar mengatakan para tersangka yaitu berinisial IM (28), HN (53), UN (31) warga Palembang dan AR (54) asal Pondok Aren, Tangerang Selatan ditangkap saat tengah berada di kontrakannya di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang pada Jumat (19/2/2021) lalu.

Mochamad Nandar melanjutkan, pengungkapan kasus berawal dari laporan masyarakat yang mengalami pencurian pada bulan Desember 2020 di wilayah Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang. Sehingga, kata dia, dilakukan olah TKP dan penyelidikan, sampai akhirnya diketahui identitas dari para tersangka.

"Berbekal dari rekaman CCTV di beberapa di TKP (Cipocok) terlihat pergerakan para pelaku maupun kendaraan yang digunakan, dan kita langsung bisa menangkap mereka," katanya kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

Namun saat akan ditangkap, sambung Nandar, jika para tersangka sempat melawan dan mencoba melarikan diri. Hingga akhirnya, polisi pun terpaksa melumpuhkan para tersangka dengan menembaknya di bagian kaki.

"Iya mereka melawan dan coba kabur. Terpaksa dilakukan tindakan tegas terukur kepada para tersangka. Kita lumpuhkan dengan timah panas," imbuhnya.

Nandar memaparkan, jika keempat tersangka merupakan sindikat antar Provinsi yang beraksi di wilayah hukum Polda Banten dan Polres Serang Kota. Sedangkan, para tersangka, kata dia, mengaku sudah menjalankan aksinya sejak tahun 2018 silam.

"Ini merupakan sindikat antar Provinsi, karena aksi mereka ini sudah di lakukan juga di beberapa luar daerah," paparnya.

Untuk modus yang digunakan para pelaku pencurian, dikatakan Nandar, jika para tersangka mencari mobil yang sedang terparkir di kantor maupun rumah yang sebelumnya sudah dilakukan penyelidikan.

Setelah menemukan sasaran, kata dia, para tersangka terlebih dahulu mengamati keadaan di dalam kendaraan. Jika dirasa ada barang-barang yang bisa diambil, maka mereka pun langsung memecahkan kaca dengan menggunakan cincin yang sudah dimodifikasi atau alat-alat lainya.

"Pastinya mereka melihat dan memantau sasaran yang memang sudah turun dari mobil dan di intip, ada barang dan disitu dia mencoba melakukan aksinya," ucapnya.

Adapun barang bukti yang berhasil di amankan diantaranya 1 buah cincin berujung lancip sudah di modifikasi, 1 buah mata anak kunci, 1 buah kunci leter Y, 1 buah leter T, 1 buah senter warna hitam, 1 unit sepedah motor merek Suzuki Satria warna hitam, 1 unit mobil merek Daihatsu Xenia warna abu-abu dan 2 buah helem merek INK dan NHK warna hitam.

Atas perbuatanya itu para tersangka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP pidana tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun.

"Saya mengajak kerjasamanya dengan masyarakat  khususnya kota Serang bahwa untuk antisipasi pencurian atau pun pidana lainnya tolong pasang CCTV di rumah pribadi ataupun di toko dan kantor untuk keamananya," tandasnya.(Adi/Red)

berita terkait

Komentar