Kepala Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP) Kota Serang, Kusna Ramdani
Kepala Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP) Kota Serang, Kusna Ramdani

Belum Ada Kepastian Pandemi Covid-19 Berahir, PSBB di Kota Serang Diusulkan Sampai Desember 2020

SERANG, TOPmedia - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam penerapan protokol kesehatan di Kota Serang diusulkan diperpanjang sampai pada Desember 2020.

Kepala Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP) Kota Serang, Kusna Ramdani mengatakan usulan perpanjangan tersebut dilatarbelakangi karena ketidak tahuan kapan pandemi covid-19 ini bakal berahir.

"Protokol kesehatan supaya di walapun PSBB kita ini tanggal 11 Provinsi tanggal 20 tapi dimohon dilaksanakan sampai Desember, nanti kita bareng aja satpol PP karena kita punya Perwal 30 tahun 2020 tentang pendispilinan protokol kesehatan, jadi kita patokannya kesitu saja," katanya kepada wartawan di Puspemkot Serang, Senin (5/9/2020).

Skemanya nanti, sambung Kusna, Satpol PP yang menindak pelanggaran protokol kesehatan, Dishub yang mengatur lalu lintas dan BPBD yang melakukan penyemprotan Disinpektan.

"Nanti Pol PP yang menindak, Dishubnya yang mengatur Lalin, BPBD yang menyemprot atau disentralisasi kendaraan - kendaraan ada yang sosialisasinya," imbuhnya.

Keputusan perpanjangan PSBB tersebut, menurut Kusna, berdasarkan kesepakatan Satgas Covid-19 Kota Serang sampai nanti ada keputusan lain dari Pemerintah Pusat.

"Kita itu sudah kesepakatan satgas covid-19 kalau bisa sampai Desember sampai mungkin nanti ada keputusan lain dari Pusat," ujarnya.

Latar belakang perpanjangan tersebut, dikatakan Kusna, karena pihaknya tidak bisa memprediksi selesainya covid-19 dan saat ini harus berdampingan dengan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS).

"Kita kan ga tau nih sampai kapan selesainya covid ini, saya kira harus berdampingan dengan melaksanakan Pola Hidup  Bersih Sehat (PHBS) salah satunya hidup dengan sehat 3 M," ungkapnya.

Meskidemikian, Kusna mengaku perpanjangan tersebut belum diketahui Wali Kota Serang, Syafrudin, nanti kata dia, bakal di sampaikan untuk ditindaklanjuti.

"Pak Wali belum tahu, ini kita baru rapat usulan seperti itu nanti kita sampaikan ke Pimpinan, nanti Pimpinan menindalanjuti dengan Polres dan Kodim," tandasnya.(Di/Red)

berita terkait

Komentar