Foto ilustrasi. (Foto: Net)
Foto ilustrasi. (Foto: Net)

Begini Cara Memperlakukan Baterai Lithium-Ion di Ponsel agar Awet

TOPmedia - Baterai menjadi sparepart penting sebuah smartphone dan gadget lainnya. Sumber tenaga utama ini wajib dipelihara jika tidak ingin drop dalam waktu singkat. Untuk itu Anda perlu tahu beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama sewaktu melakukan charging. Kebanyakan ponsel yang ada saat ini menggunakan baterai berjenis lithium-ion yang lebih stabil ketimbang jenis NiMH yang kerap dipakai pada ponsel terdahulu.

Berikut beberapa tips melakukan charge baterai agar tetap awet:

Hindari melakukan charge sampai semalaman. Jika sering dilakukan maka memiliki efek buruk pada baterai. Baterai menjadi lebih mudah rusak lantaran sel-sel di dalamnya mengalami stress tingkat tinggi.

Hindari mengisi baterai sampai terlalu penuh. Sel lithium-ion akan mengalami stress kalau pengisian listrik dilakukan terlalu berlebihan. Bahkan, disarankan untuk tidak mengisi baterai ini sampai penuh untuk mengurangi tingkat stress lithium-ion. Begitu petunjuk di layar menunjukkan baterai sudah terisi seluruhnya, segera lepas konektor charger.

Usahakan suhunya tetap dingin. Jagalah baterai ponsel Anda agar tidak terlalu panas suhunya. Pasalnya baterai lithium-ion amat sensitive denga panas. Kalau mendadak ponsel terasa panas, misalnya saat discharge segera dinginkan. Keluarkan ponsel dari case tambahan. Kalau sedang di luar ruangan baiknya ponsel dalam posisi tertutup.

 

 

 

Sumber: www.sidomi.com

berita terkait

Komentar