Direktur PT. Cemindo Gemilang, Andre Vincent Wenas (baju merah) saat foto bersama warga Jakarta yang menerima program bedah rumah. (foto: Istimewa)
Direktur PT. Cemindo Gemilang, Andre Vincent Wenas (baju merah) saat foto bersama warga Jakarta yang menerima program bedah rumah. (foto: Istimewa)

Bedah Rumah di Jakarta, PT. Cemindo Gemilang Dikecam Warga Bayah

BAYAH,TOPmedia - Program bedah rumah yang dilaksanakan oleh PT. Cemindo Gemilang di Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing, Kota Adminstrasi Jakarta Utara, yang meliputi 83 unit rumah yang tersebar di lingkungan RW.02 dan RW.03 Kelurahan Cilincing menuai protes dari warga yang terdampak aktifitas penambangan bahan baku milik pabrik semen merah putih di Desa Pamubulan Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

"Eksploitasi alam di Kecamatan Bayah, bedah rumah malah di Jakarta, PT.Cemindo Gemilang sehat gak yah? kelakuan Pabrik Semen Merah putih hanya mengeruk kekayaan didaerah kami, tapi tidak memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar," ujar Ahmad Ludin, Ketua Karang Taruna di Desa Pamubulan, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Kamis (29/09/2017).

Keberadaan Pabrik Semen Merah Putih terus menuai protes dari warga sekitar karena selain menimbulkan kerusakan jalan raya juga menimbulkan polusi udara. Selain itu, suara bising yang ditimbulkan serta kerusakan mata air di bagian sumber mata air.

Kecaman serupa juga disampaikan Ketua KNPI Kecamatan Bayah, Rizal, menurutnya PT. Cemindo Gemilang tidak menghargai keberadaan warga sekitar yang terkenda dampak dari industri pabrik semen.

"Heran ya, mereka keruk kekayaan sumber daya alam di Banten tapi malah bantu Jakarta, saya rasa ini adalah bentuk ketidakadilan dan ketidakpedulian perusahaan terhadap masyarakat terdampak di Bayah. Padahal masih banyak rumah yang tidak layak huni disekitar area pabrik," ujar Rizal.

PT. Cemindo Gemilang merupakan perusahaan yang memproduksi semen merah putih, Saat ini investasinya lumayan besar, salah satunya pabrik semen merah putih di Bayah Lebak dan Ciwandan Serang.

Diketahui, Pabrik Semen Merah Putih di Bayah langsung terintegrasi dengan dermaga khusus, produksinya menghasilkan sekitar 4 juta ton semen pertahun, Pabrik Semen Merah Putih di Bayah merupakan pabrik semen terbesar Se-Asia Tenggara dengan nilai investasi hampir 20 triliun. (TM-1/Red)

berita terkait

Komentar