ilustrasi foto generasi milenial
ilustrasi foto generasi milenial

Beberapa Penamaan Generasi Yang Jarang Diketahui Selain Generasi X, Y dan Z

TOPmedia -  Anda pasti sering mendengar istilah generasi X, Y, dan Z. Istilah ini ditujukan untuk menamai generasi yang lahir di tahun-tahun tertentu.  

Melansir dari halaman ToughtCo.com, penamaan generasi ini dimulai pada abad ke 20. Istilah pada generasi pertama kali dipakai oleh penulis asal Amerika, Gertrude Stein. 

Stein menciptakan istilah Lost Generation atau generasi yang hilang pada karyanya. Istilah generasi ini merujuk pada orang-orang yang lahir pada abad ke 20. Mereka juga merupakan masyarakat yang berpartisipasi pada Perang Dunia I. 

Selain lost generation, ada 6 generasi yang ada di masyarakat saat ini. Berikut daftar generasi tersebut yang dihimpun dari ThoughCo dan Parents.

Silent generation

Masyarakat yang masuk dalam generasi ini lahir antara tahun 1925-1945. Mereka terlahir saat the great depression dimana terjadi banyak krisis global. 

Silent generation merasakan banyak kejadian yang mengubah dunia. Salah satunya adalah terlibat dengan Perang Dunia II.

Generasi baby boomers

Di beri nama baby boomers karena terjadi ledakan kelahiran besar-besaran di Amerika Serikat. Generasi ini lahir antara tahun 1943-1964. Mereka memiliki sifat yang kompetitif dan pekerja keras. 

Generasi X

Generasi X adalah orang-orang yang lahir diantara tahun 1965-1980. Mereka lahir dimana teknologi mulai berkembang. 

Rata-rata generasi x memiliki orang tua dari generasi baby boomers. Karenanya sifat mereka kebanyakan pekerja keras sama seperti orang tuanya. 

Generasi Y atau milenial

Masyarakat kebanyakan sekarang dipenuhi oleh generasi Y atau milenial. Mereka yang lahir pada tahun 1981-1994 masuk dalam kelompok generasi ini. 

Geneasi Y lahir dan tumbuh dimana segala perubahan terjadi. Mereka lebih sadar akan perubahan dan perbedaan dibanding generasi sebelumnya. 

Banyak milenial yang di cap senang bersenang-senang dan tidak konsisten oleh baby boomers. Generasi Y merupakan penerus bangsa yang memiliki banyak potensi. 

Tidak sedikit pendiri startup terkenal datang dari generasi Y, salah satunya Bukalapak dan Ruangguru. 

Generasi Z

Generasi setelah Y adalah generasi Z yang lahir tahun 1995-2010. Mereka yang lahir di tahun tersebut sudah familiar dengan teknologi. 

Mereka tumbuh saat teknologi sudah berkembang pesat. Tidak heran kebanyakan generasi Z sangat bergantung pada gadget.

Generasi Alpha

Generasi paling baru dan muda adalah generasi alpha. Generasi ini lahir setelah tahun 2010an. 

Karena rata-rata generasi ini masih muda, etos dan karakter mereka belum terlalu terlihat. Namun demikian, generasi alpha sangat bergantung pada teknologi sama dengan generasi Z. (Redaksi)

 

berita terkait

Komentar