Banten Championship ke-1 Tahun Resmi Dibuka, 8 Provinsi Berebut Juara

SERANG, TOPmedia - Banten Championship yang ke-1 tahun di 2019, diikuti sebanyak 740 atlet dari delapan Provinsi di Indonesia yakni Jawa barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Sumatera, Lampung, Palembang dan Riau. Open tournamen inipun adalah terbesar yang pernah diselenggarakan di Banten, dengan perlombaan pencak silat di Gelanggang Olahraga (GOR) Maulana Yusuf, Kota Serang.

"Event Pencak Silat ini, pemula yang kita akomodir. Ini terbuka dan diikuti oleh delapan provinsi, dan antusiasnya sangat luar biasa," ungkap Ketua Panitia Penyelenggara, Romi Ardiansyah, seusai membuka acara Banten Championship, Minggu (15/12/2019).

Lanjut Romi, Perlombaan ini melibatkan semua kalangan. Mulai dari kategori SD, SMP, SMA dan mahasiswa. Bahkan kalangan dewasa, maupun peguron di Indonesia.

"Kategori ada seni tunggal, ganda dan beregu. Kalau tanding kelas berat ada remaja sampai dewasa," jelasnya.

Ia berharap, dari perlombaan ini bisa memunculkan bibit-bibit atlet yang berbakat, dari daerah yang dapat berprestasi di dunia. 

"Banten ini banyak peguron, tradisi kalau pertunjukan ada. Tetapi, pada dibidang prestasi itu tidak ada, karena belum menunjukan bakatnya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banten, Brigjen (Pol) Purn Rumiah Kartoredjo menambahkan, semua insan pencak silat bisa berpartisipasi pada kejuruan ini dalam rangka meramaikan dan membudayakan pencak silat sebagai warisan leluhur budaya bangsa.

"Adanya ini (Banten Championship, red) mudah-mudahan lebih bagus lagi dan atlet Banten yang mewakili Banten untuk Indonesia di Sea Games nanti," tandasnya.(TM3/Red)

berita terkait

Komentar