Foto ilustrasi. (Foto: Net)
Foto ilustrasi. (Foto: Net)

Awas, Terlalu Sering Minum Teh Bisa Gagal Ginjal!

TOPmedia - Hampir setiap orang memulai harinya dengan mengonsumsi teh. Memang, teh dapat mendatangkan khasiat yang baik untuk kesehatan. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebih, teh dapat membahayakan kesehatan ginjal.

Karena itu, ketahui beberapa dampak buruk kesehatan dari konsumsi teh yang berlebihan.

Kegelisahan

Kandungan kafein dalam teh dapat berefek pada tubuh kita. Namun, kebanyakan minum teh bisa menyebabkan keletihan karena kurang tidur, kegelisahan, hingga peningkatan denyut nadi.

Kanker prostat

Efek samping terburuk dari terlalu banyak minum teh adalah pertumbuhan penyakit kanker. Penelitian mengungkapkan kelebihan konsumsi teh meningkatkan 50 persen peluang pria terkena kanker prostat, ketimbang mereka yang membatasi. Namun, terlepas dari konsumsi teh hitam, faktor diet tak sehat, usia, riwayat keluarga, dan lainnya bisa menyebabkan kanker prostat.

Gagal ginjal

Penyakit ini memiliki kaitannya dengan konsumsi teh berlebi. Memang agak jarang, tetapi tak sedikit orang Amerika yang berusa 56 tahun ke atas menderita gagal ginjal karena asupan teh yang berlebih.

Sakit perut

Kafein dari teh hitam dapat memicu lambung menghasilkan zat asam setelah dikonsumsi. Jadi, tak perlu heran ketika Anda banyak minum teh hitam, menimbulkan efek sakit perut. Teh hitam sangat tidak disarankan bagi para penderita sakit maag.

 

 

 

Sumber: www.okezone.com

berita terkait

Komentar