Acara simulasi pengamanan Pilkada di Alun-alun Barat, Kota Serang yang diadakan Polda banten. (Foto: TOPmedia)
Acara simulasi pengamanan Pilkada di Alun-alun Barat, Kota Serang yang diadakan Polda banten. (Foto: TOPmedia)

Awas! Polda Banten akan Tembak Langsung Pendemo yang Anarkis

SERANG, TOPmedia – Kapolda Banten, Brigjen Pol Ahmad Dofiri, mengintruksikan agar tembak langsung demonstran yang dirasa bisa membahayakan pada saat pelaksanaan Pilgub Banten. Hal itu dikatakan Kapolda, saat menggelar simulasi pengamanan Pilkada di Alun-alun Barat, Kota Serang, Rabu (24/8/2016).

"Kalau ada anarkis ya tidak bisa dilakukan dengan biasa. Kalau ada demonstran yang sudah melakukan tindakan kekerasan seperti melempari petugas dengan batu dan benda keras lainya, saya bolehkan petugas untuk menembak di bawah bagian perut seperti kaki dan paha,” ujar Kapolda kepada wartawan.

Menurut Kapolda, aturan menembak dengan kondisi tertentu diperbolehkan dan diatur dalam Undang-Undang. Terlebih kondisinya mengancam keselamatan aparat kepolisian yang sedang mengamankan aksi.

Kapolda juga menjelaskan, jika pada saat melakukan pengamanan aksi demonstrasi di Pilkada, akan diatur mengenai parimeter (seberapa jauh pengamanan) petugas di lokasi demonstrasi.

"Kita akan lakukan pengamanan bukan di areal gerbang gedung yang akan dituju pendemo, melainkan di lokasi lain yang jaraknya sekitar 50 meter. Hal itu untuk menghindari pendekatan objek dengan massa aksi,” tukasnya. (Gilang/red)

berita terkait

Komentar