Awas!! Bisa Lemahkan Jantung, Waspadai 10 Bahaya Buah Semangka Jika Dimakan Berlebihan

TOPmedia – Semangka adalah buah berukuran besar yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah yang dagingnya berwarna merah itu sangat manis dan menyegarkan, apalagi jika disantap ketika cuaca sedang terik. Tapi, apapun yang dikonsumsi berlebihan, akan menimbulkan kerugian.

Bahaya buah semangka jika dimakan secara berlebihan bukan perkara sepele. Maka dari itu, pahamilah berbagai efek makan semangka jika disantap berlebihan, untuk menahan diri dari menyantapnya terlalu banyak.

Bahaya buah semangka jika dimakan secara berlebihan

Mulai dari diabetes hingga kesehatan jantung, makan semangka secara berlebihan ternyata bisa merugikan kesehatan. Namun, bahaya semangka jika dimakan secara berlebihan ternyata sangat merugikan kesehatan. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsinya sesuai kebutuhan.

1. Membahayakan jantung

Bahaya semangka jika dikonsumsi secara berlebihan yang pertama ialah membahayakan jantung. Bayangkan saja, semangka adalah sumber kalium yang cukup tinggi. Zat mineral ini sebenarnya dibutuhkan tubuh. Namun, kelebihan kadar kalium di dalam tubuh dapat membahayakan jantung. Gejala seperti detak jantung tak teratur, hingga lemahnya denyut nadi bisa terjadi.

2. Menimbulkan keracunan air (overhidrasi)

Saat tubuh kekurangan cairan, dehidrasi akan datang. Namun, jika tubuh menampung terlalu banyak cairan, overhidrasi bisa menyerang.Bahaya buah semangka selanjutnya ialah overhidrasi atau keracunan air. Sebab, semangka mengandung banyak air. Jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak, overhidrasi bisa terjadi.Overhidrasi bisa menyebabkan volume darah meningkat. Alhasil kaki akan bengkak, ginjal melemah, dan tubuh merasa lelah. Kadar natrium di dalam tubuh juga terancam menurun akibat efek samping makan buah semangka yang satu ini.

3. Meningkatkan risiko peradangan organ hati

Bahaya semangka selanjutnya bisa berdampak buruk pada organ hati. Waspadalah, jika Anda suka mengonsumsi alkohol dan gemar makan banyak semangka. Sebab, kandungan likopen dari semangka jika bertemu alkohol, berisiko memicu peradangan organ hati.

4. Meningkatkan risiko diabetes

Jangan terlena dengan rasa manis buah semangka. Buah ini memiliki indeks glikemik tinggi terutama jika diolah dalam bentuk jus. Jadi jika dikonsumsi secara berlebihan, semangka dapat meningkatkan risiko diabetes.

5. Menimbulkan reaksi alergi

Bahaya semangka yang juga tak boleh dilupakan ialah alergi. Jika Anda memiliki alergi terhadapnya, gejala seperti ruam, pembengkakan, sulit bernapas bisa terjadi!Ditambah lagi, anafilaksis (reaksi alergi yang mengancam nyawa) juga dapat menyerang. Itulah sebabnya Anda selalu disarankan untuk menghindari makanan yang memicu alergi.

6. Mengakibatkan diare

Bahaya makan semangka secara berlebihan selanjutnya disebabkan oleh kandungan likopen. Likopen sebenarnya merupakan sebuah antioksidan yang baik untuk kesehatan. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak, senyawa ini berpotensi menyebabkan diare.

7. Menyebabkan hipotensi (tekanan darah rendah)

Semangka mengandung asam amino bernama citrulline, yang dapat membantu tubuh mengelola tekanan darah tinggi. Citrulline juga memacu tubuh memproduksi nitric oxide yang bisa menjaga fleksibilitas pembuluh darah. Efek-efek ini membuat semangka dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.Namun jika Anda mengonsumsi semangka secara berlebihan, tekanan darah rendah akan datang. Bahaya semangka yang satu ini tidak boleh diremehkan, karena hipotensi menimbulkan gejala yang merugikan kesehatan.

8. Mual dan muntah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahaya semangka dapat menyebabkan tubuh overhidrasi. Di saat tubuh kelebihan cairan, gejala mual dan muntah bisa datang.

9. Meningkatkan risiko diabetes gestasional

Bahaya semangka untuk ibu hamil datang dari kandungan gulanya. Apabila dikonsumsi dalam jumlah besar, risiko diabetes gestasional pada ibu hamil dapat meningkat, terutama bagi mereka yang sudah mengidap diabetes.Itulah sebabnya dokter kerap menyarankan ibu hamil untuk tidak mengonsumsi semangka secara berlebih.

10. Membuat perut kembung

Pernah merasa kembung saat minum air terlalu banyak? Kondisi yang sama juga bisa terjadi jika Anda mengonsumsi buah semangka berlebihan.Bahaya semangka ini datang dari kandungan airnya yang melimpah. Saat tubuh menyimpan terlalu banyak air, maka gejala kembung akan terasa.(Redaksi)

 

 

Sumber: sehatqu.com

berita terkait

Komentar