Foto ilustrasi. (Foto: Net)
Foto ilustrasi. (Foto: Net)

Awas, Akibat Kurang Tidur Bisa Sebabkan Kematian!

TOPmedia - Tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam sangat penting bagi kesehatan. Karena, kurang tidur dapat berdampak fatal bagi kesehatan, termasuk kematian!

Selain itu, kurang tidur juga dapat berdampak secara keseluruhan terhadap kesehatan Anda. Berikut akibat kurang tidur selengkapnya:

Kurang tidur bisa sebabkan kematian

Studi di Inggris telah menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur secara teratur memiliki risiko kematian lebih tinggi dibanding mereka yang tidur cukup. Hal ini karena orang yang kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

Kurang tidur menyebabkan depresi

Kurangnya tidur secara signifikan meningkatkan gejala depresi. Orang yang kurang tidur dari enam jam dan insomnia dikaitkan dengan depresi, di mana akan mengarah ke berbagai masalah kesehatan.

Kelelahan berujung kecelakaan

Kecelakaan serius sangat sering dihubungan dengan jadwal tidur yang buruk dan kelelahan. Studi telah mengklaim bahwa mengemudi dalam kondisi kurang tidur sama berbahayanya dengan mengemudi saat mabuk. Selain kecelakaan lalu lintas, kurang tidur juga dapat menyebabkan risiko lebih tinggi mengalami cedera atau kecelakaan di tempat kerja.

Menyebabkan kulit rusak

Hanya satu malam kurang tidur dapat menyebabkan mata bengkak dan kulit pucat. Jika seseorang terus kurang tidur, maka kerusakan tersebut dapat menjadi permanen. Lingkaran di bawah mata dan garis-garis halus pucat di wajah bisa menjadi permanen.

Elastisitas kulit juga dapat rusak dari waktu ke waktu ketika seseorang kurang tidur. Kelelahan kronis menyebabkan stres berlebihan yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol, di mana akan memecah protein dalam kulit.

 

 

 

Sumber: www.okezone.com

berita terkait

Komentar