Gerbang Tol Merak mulai dipadati kendaraan arus balik asal Pelabuhan Merak. (Foto: TOPmedia)
Gerbang Tol Merak mulai dipadati kendaraan arus balik asal Pelabuhan Merak. (Foto: TOPmedia)

Arus Balik, Gerbang Tol Merak Dipadati Kendaraan Dari Pelabuhan Merak

MERAK, TOPmedia - Gerbang Tol (GT) Merak mulai dipadati kendaraan arus balik, asal Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Puncak arus balik sendiri diprediksi terjadi pada Minggu (09/06/2019). Tercatat, sebanyak 20 ribu kendaraan telah masuk ke tol Tangerang-Merak (Tamer), melalui Gerbang Tol (GT) Merak. Mayoritas, merupakan kendaraan dari Pelabuhan Merak, di Kota Cilegon, Banten.

Pada H+1, Jumat 07 Juni 2019, sebanyak 13.400 kendaraan telah masuk ke GT Merak. Kemudian pada H+2, Sabtu 08 Juni 2019, sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB, sudah sebanyak 9.600 kendaraan masuk tol Tamer dari GT Merak.

"Biasanya cuma enam ribuan kendaraan. Kemungkinan puncak (arus balik) Minggu siang sampai malam. Total prediksi entrance (kendaraan masuk GT Merak) sampai besok pagi 29 ribu kendaraan," kata Haryanto Akbar, Kepala Divisi Operasional PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku operator Tol Tamer, saat ditemui di GT Merak, Sabtu (08/06/2019).

Dirlantas Polda Banten telah menyiapkan berbagai skenario rekayasa lalu lintas, saat puncak arus balik. Terutama bongkaran kendaraan dari Pelabuhan Merak, menuju GT Merak dan jalan arteri di Kota Cilegon.

Saat terjadi kepadatan arus lalulintas di Jalan Cikuasa Atas menuju GT Merak, maka tiga dari lima gardu di GT Merak akan dibuka sebagai jalan masuk.

Kemungkinan terburuk yang disiapkan, jika terjadi kemacetan panjang sejak Pelabuhan Merak hingga GT Merak, maka kelima gardu akan dibuka seluruhnya sebagai pintu masuk ke dalam Tol Tamer.

"Kemudian kendaraan yang eksit menuju arah Merak, kita keluarkan melalui Gerbang Tol Cilegon Barat, melalui jalur arteri. Situasi sekarang masih normal walau ada sedikit peningkatan, tapi masih bisa tercover oleh jajaran yang Ada di lapangan," kata Kombes Wibowo, Dirlantas Polda Banten, Sabtu (08/06/2019). (YDtama/Red)

berita terkait

Komentar