Warga saat membersihkan sampah di sungai Semendaran, Kota Cilegon. (Foto: TOPmedia)
Warga saat membersihkan sampah di sungai Semendaran, Kota Cilegon. (Foto: TOPmedia)

Antisipasi Banjir, Warga Cilegon Adakan Gerakan Bersih-bersih Sungai

CILEGON, TOPmedia - Guna mencegah terjadinya banjir jelang musim penghujan, warga Semendaran, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, mengadakan gerakan bersih-bersih disepanjang hilir sungai Semendaran, Kamis (25/8/2016).

Didukung dengan peralatan dari BPBD Provinsi Banten dan BPBD Kota Cilegon, warga lingkungan Semendaran terlihat sangat antusias sekali memunguti sampah yang ada di sungai. Selain warga, TNI dan Polri yang berdinas di wilayah setempat pun ikut membantu.

Menurut Camat Jombang, Agus Ariyadi, kegiatan aksi bersih-bersih sungai Semendaran ini dilakukan sebagai edukasi terhadap masyarakat, tentang pentingnya menjaga lingkungan agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Dari hasil kegiatan ini, ia berharap sungai Semendaran menjadi bersih  dan bebas dari tumpukan sampah.

“Iya, kita selama ini koordinasi dengan pemkot, mengusulkan untuk penanganan banjir di wilayah kami. Karena Jombang ini kan dataran rendah, jadi kami bersama warga mengadakan gerakan bersih-bersih supaya ngga ada sampah yang numpuk di sungai,” katanya.

Nuriyah salah seorang warga pun berharap, banjir yang kerap merendam pemukiman warga akibat meluapnya air sungai, kedepan tidak lagi terjadi di kampungnya.

“Saya mah sangat bersyukur, kampung saya kalinya jadi bersih. Moga nanti kalau hujan gak banjir lagi,” harap Nuriyah.

Rencananya, gerakan bersih-bersih ini akan terus digalakan minimal satu kali dalam seminggu, agar kebersihan lingkungan dan komunikasi dari kebersamaan warga tetap terjaga. (SH/Red)

berita terkait

Komentar