Salah seorang warga di Kelurahan Gerem Kecamatan Grogol Kota Cilegon, saat mengambil air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. (Dok:TOPmedia)
Salah seorang warga di Kelurahan Gerem Kecamatan Grogol Kota Cilegon, saat mengambil air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. (Dok:TOPmedia)

Anggarkan Rp 1,8 Miliar, Perkim Bangun 9 Titik Sumur Bor Atasi Kekeringan di Kota Cilegon

CILEGON, TOPmedia – Guna mengatasi kekeringan yang melanda sejumlah titik di Kota Cilegon, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) akan membangun sembilan titik sumur bor atau sumur artesis untuk memenuhi kebutuhan air bersih di dua Kecamatan yakni Kecamatan Pulo Merak dan Kecamatan Grogol.

"Kita punya strategi untuk menyelesaikan masalah kekeringan. Di Pulomerak sendiri kita sedang siapkan pembangunan sumur bor artesis sebanyak sembilan titik, yang tersebar di empat kecamatan, yakni Pulomerak, Grogol, Cibeber, dan Ciwandan," ujar Kepala Dinas Pekim Kota Cilegon, Ahmad Aziz Setia Ade, ditemui di kantornya, Senin (8/7/2019).

Aziz mengungkapkan, pembangunan sumur bor guna mengatasi kekeringan tersebut ditargetkan, terlaksana pada 2019. Dan untuk ke Sembilan titik tersebut diantaranya, Link Brigil Kelurahan Suralaya Kecamatan Pulomerak, Kelurahan Randakari Kecamatan Ciwandan, Kelurahan Cikerai Kecamatan Cibeber, Link Cupas Wetan  dan Link Sumur Wuluh Kelurahan Gerem Kecamatan Grogol, dan lima titik lainnya di Kecamatan Pulomerak yakni di Kelurahan Mekasari, Tamansari, Lebak Gede dan Kelurahan Suralaya.

Baca juga: Sejumlah Warga di Kecamatan Grogol Kota Cilegon Kesulitan Air Bersih

“Untuk masing-masing titik tersebut, kami menganggarkan senilai Rp200 juta,” katanya.

Aziz mengakui, kekeringan dan kesulitan air bersih dimusim kemarau diakui kerap terjadi cukup parah di sejumlah perkampungan dua wilayah kecamatan tersebut. Sehingga pemerintah pun mengaku terus berupaya mencarikan solusi, baik jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

“Pembangunan sumur bor adalah rencana jangka menengahm, untuk jangka pendeknya  pemkot sudah berkoordinasi untuk menyuplai air bersih. Sementara untuk jangka panjang kami berencana membangun ground tank di dua wilayah itu,” tandasnya. (Ik/Red)

berita terkait

Komentar