Anggaran SMI Masih Abu-abu, Pembangunan Infrastruktur Agar Ditunda
Anggaran SMI Masih Abu-abu, Pembangunan Infrastruktur Agar Ditunda

Anggaran SMI Masih Abu-abu, Pembangunan Infrastruktur Agar Ditunda

SERANG, TOPmedia - Wakil Ketua DPRD Banten, Budi Prajogo berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dapat menunda pembangunan infrastruktur yang didanai dari dana pinjaman PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) tahun ini sebesar Rp4,1 triliun.

Hal itu menyusul sampai saat ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum memberikan kepastian pencairan dana yang digunakan dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Diketahui, Pemprov Banten mengajukan pinjaman sebesar Rp4,9 triliun untuk program PEN di Banten. Dimana dana pinjaman sebesar Rp800 miliar lebih sudah masuk pada APBD Perubahan 2020, sedangkan alokasi Rp4,1 triliun telah masuk dalam APBD 2021.

"Kalau pemerintah menganggap (pinjaman) layak untuk jalan, yah jalan. Tapi kalau tidak jangan," ujar Budi.

Budi menilai, jika Pemprov Banten tetap memaksakan program pembangunan pencairan dan pinjaman dijalankan meski belum ada kejelasan pencairan, pihaknya khawatir akan berimbas pada implikasi hukum lantaran pembangunan infrastruktur yang dibiayai PT SMI berubah atau tidak tersedia sepenuhnya.

"Kalau belum ada kejelasan kapan pencairan jangan dulu (jalan). Karena (nanti) akan ada implikasi hukum di kemudian hari. Nanti masalahnya dengan pemenang tender," katanya.

Saat ditanya mengenai perkembangan pinjaman PT SMI, Budi mengaku, hingga kini pihaknya belum mendapatkan informasi.

"Sampai sekarang belum ada tembusan dari eksekutif. Kalau soal pelaksanaan itu juga ranahnya nereka, kita belum diajak bicara lagi," pungkasnya. (Den/Red)

berita terkait

Komentar