Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Serang, Wahyu Nurjamil, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/7/2020). (Foto:Topmedia)
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Serang, Wahyu Nurjamil, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/7/2020). (Foto:Topmedia)

Ajukan Bantuan Ke Perpustakaan RI, Gedung DKK Kota Serang Numpang Di Disdukcapil

SERANG, TOPmedia - Dinas perpustakaan dan Kearsiapan(DKK) Kota Serang mengajukan bantuan kepada Perpustakaan Nasional RI untuk membuat gedung layanan perpustakaan Kota Serang yang representatif.

Hal itu dikarenakan, saat ini Kota Serang belum mempunyai gedung layanan perpustakaan. Karena perpustakaan kota Serang kurang memadai, sehingga kurang sekali sarana, fasilitas, dana dan tenaga pengelola.

"Kita jemput dengan pak wakil walikota mengajukan bantuan kepada Perpustakaan Nasional RI , supaya kota Serang punya gedung layanan perpustakaan sendiri," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Serang, Wahyu Nurjamil, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/7/2020).

Wahyu mengatakan, pihaknya mengajukan bantuan untuk gedung perpustakaan sebesar Rp 13 Miliar.  Namun dibatasi hanya Rp 10 Miliar. Kemudian, rencananya gedung layanan perpustakaan Kota Serang akan dibangun di daerah Batok Bali Ciracas, dengan pembangunan luas tanah mencapai 7000 meter.

"Syarat- syaratnya sudah kita penuhi, iyaa mudah mudah saja kita dapat bantuan. Ini kan bukan kepentingan pribadi, namun untuk kepentingan masyarakat," terangnya.

Selanjutnya, Wahyu menjelaskan, bahwa gedung juang akan yang di revitalisasi itu bukan untuk kantor Dinas Perpustakaan. Akan tetapi satu unit pengelolaan di bawah dinas perpustakaan dan kearsipan kota Serang.

"Nanti itu revitalisasi gedung juang akan ada beberapa arsip-arsip sejarah, dari pra kemerdekaan, kemerdekaan pembangunan, pembentukan provinsi dan kota Serang dan juga ada perpustakaan umum dan perpustakaan anak," jelasnya.

Menurutnya, saat ini di kota Serang sebagai Ibu kota Provinsi Banten belum ada gedung layanan perpustakaan yang representatif.

"Mudah mudahan ini menjadi pemikiran di pusat, bahwa kita layak mendapat bantuan dari perpustakaan Nasional RI, agar menjadikan Kota Serang menjadi kota beradab yang berdaya dan berbudaya," tandasnya sambil berharap..(Feby/Red)

berita terkait

Komentar

pCloud Premium