Ajarkan Pengelolaan Air Limbah, DLH Kabupaten Serang Bina 38 Perusahaan

SERANG, TOPmedia - Kegiatan pembinaan peringkat kinerja perusahaan (Proper) merupakan upaya peningkatan peringkat kinerja perusahaan sesuai dengan Indeks Kinerja Utama (IKU). Adapun IKU yang harus tercapai mencakup terlaksananya bimbingan teknis proper Compliance dan Self Assesment terhadap perusahaan Proper dan terlaksananya pembinaan untuk peningkatan pemahaman, persyaratan dan mekanisme Proper.

Salah satu kriteria baru penialain Proper tahun 2019 adalah dimiliknya penanggung jawab lingkungan kegiatan usaha kompeten dan sertifikasi di bidang lingkungan baik itu dalam pengendalian pencemaran air, udara dan limbah B3. Sehingga kegiatan bimbingan teknis yang dilaksanakan tahun 2019 untuk mendorong perusahaan peserta Compliance dan Self Assesment berupa Bimbingan Teknis dan Uji Sertifikasi Pengelolaan Air Limbah bagi Penanggung Jawab Pengendalian Pencemaran Air dan bagi Operator Instalasi Pengelolaan Air Limbah.

Kegiatan ini dihadiri 38 orang peserta dari 30 yang ditargetkan, sehingga capaiannya adalah 127 persen. Materi pelatihan mengacu pada unit kompetensi yang tercantum dalam peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tentang standar dan sertifikasi kompetensi penanggung jawab operasional pengolahan air limbah dan penanggung jawab pengendalian pencemaran air.

“Materi pelatihan disampaikan oleh pakar pengelolaan air limbah yang kompeten dan dari KLHK RI,” papar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang, Sri Budi Prihasto, Kamis(27/2/2020).

Hari ketiga dilakukan uji kompetensi terhadap 38 pelaku usaha. Materi yang disampaikan dalam bimbingan teknis tersebut dibedakan untuk peserta sebagai penanggung jawab pengendalian pencemaran air dan penanggung jawab operasional IPAL. (Advetorial)

berita terkait

Komentar

pCloud Premium