Acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021, di kantor perwakilan BI Banten, Jalan Raya Serang-Pandeglang, Rabu(24/11/2021).
Acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021, di kantor perwakilan BI Banten, Jalan Raya Serang-Pandeglang, Rabu(24/11/2021).

Adakan PTBI 2021, Presiden RI: Terimakasih Kepada BI dan Kementrian Keuangan

SERANG,TOPmedia - Bank Indonesia (BI) yang menyelenggarakan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021 dengan tema Bangkit dan Optimis, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh jajaran Pemerintah untuk selalu bersinergi dan berinovasi untuk Pemulihan Ekonomi.

Apalagai, kata orang nomor 1 di Indonesia, sudah selama 1,5 tahun mengalami Pandemi Covid-19. Bahkan, sambungnya, dampak dari Pandemi Covid-19 kemana-kemana.

"Mulai dari Kelangkaan Energi, Kelangkaan Kontener, Inflasi Naik, hingga Harga Produsen Naik. Inipun tidak diprediksi pada sebelumnya," kata Jokowi dalam sambutanya, pada acara PTBI 2021, Rabu(24/11/2021).

Lanjut Jokowi, masuknya semua problem yang tidak pernah diperkirakan tersebut, harus mulai dilakukan perbaikan. Dirinya juga mengakui, patut berterimakasih kepada Bank Indonesia beserta jajaran Kemetrian Keuangan yang melakukan komunikasi sangatlah baik.

"Mereka (BI dan Kementrian Keuangan) saling mengisi. Masalah kecil saja langsung terselesaikan. Dilakukan dengan kehati-hatian. Kuncinya kita bisa mengendalikan Pandemi Covid-19, masalah biar tidak semakin kompleks," jelasnya.

Diakhir wawancara, ia mangakui, pertumbuhan ekonomi kuartal ke-2 pada 2021 juga sudah diangka 7,07 persen. Sehingga aktivitas ekonomi, sambungnya, urusan konsumsi sudah membaik. 

"Bahkan kenyakinan konsumen sudah kembali normal. Ritel, ekspor impor sudah mulai mengungatkan dan naik dalam pertumbuhan ekonomi. Sedangkan sisi produksi, BNI Manufaktur, sebelum pandemi 57,2 persen, angka sangat tinggi sekali. Hingga akhirnya, Pabrik dan industri bisa terlihat di prospeknya mulai membaik," tutupnya seraya mengakhiri wawancara. (Feby/Red). 

 

berita terkait

Komentar